10 Tips Mudah Social Media Optimization (SMO) Untuk Blog Anda

Apa itu social media optimization (SMO)?

Social media optimization adalah strategi promosi online yang dilakukan dengan mengoptimalkan tools dan platform social media (alih-alih mengoptimalkan search engine/mesin pencari melalui SEO).

Tools dan platform social media sendiri adalah berbagai media yang dipergunakan oleh pengguna internet untuk berbagi opini, pendapat, pengalaman dan pandangan dengan pengguna internet yang lain. Platform social media bisa berupa situs social networking (Facebook), social bookmarking (Digg, Delicious), microblogging (Twitter, Plurk), content-sharing (FeedBurner, Wikipedia), image-sharing (Flickr), audio-sharing (Last.fm) dan video-sharing (YouTube).

Semakin besarnya ketergantungan para pengguna internet dewasa ini terhadap tools dan platform social media, misalnya dengan fenomena maraknya penggunaan Facebook dan Twitter di Indonesia, kini membuat aplikasi strategi SMO menjadi sama pentingnya dengan aplikasi SEO (Search Engine Optimization).

Sebagai blogger, apakah Anda sudah mengintegrasikan strategi SMO untuk blog Anda?

Lalu bagaimana caranya melakukan optimasi social media untuk blog Anda?

Artikel kali ini mencoba mengupas tentang tips-tips melakukan optimasi social media untuk blog Anda.


10 Kunci Social Media Optimization (SMO) Untuk Blog

1. Buat Konten Blog Anda Layak Di-Link

Kunci pertama SMO yang harus Anda perhatikan bukanlah tools social media apa yang akan Anda gunakan melainkan: konten blog Anda sendiri. Ya, sesempurna apapun strategi SMO yang Anda rencanakan, semuanya tidak akan ada artinya tanpa konten blog yang benar-benar memberikan manfaat bagi pembaca blog Anda. Buat konten Anda menjadi rujukan blogger lain dan layak di-link oleh blogger lain di dalam niche yang Anda pilih.

2. Buat Sharing dan Bookmarking Mudah Dilakukan

Setelah menulis konten yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah mempermudah pembaca blog Anda untuk menyebarluaskan konten blog Anda. Sediakan tombol sharing dan bookmarking (yang banyak tersedia secara gratis, misalnya dari ShareThis dan TweetMeme) di setiap artikel di dalam blog Anda. Manfaatkan juga tombol ReTweet agar pembaca blog Anda bisa menyebarluaskan artikel Anda melalui Twitter hanya dengan sekali klik. Anda juga bisa memanfaatkan fitur “FeedFlare” dari FeedBurner baik di halaman blog maupun di halaman RSS Feed.

3. Beri Insentif Untuk Inbound Link

Apa itu inbound link? Inbound link adalah link yang berasal dari blog lain. Semakin banyak inbound link, maka blog Anda semakin berkualitas. Salah satu cara untuk merangsang inbound link adalah dengan memberikan insentif kepada blog yang me-link ke blog Anda. Caranya bisa dengan me-link balik atau sekedar memberikan apresiasi tertulis kepada blog-blog yang telah memberikan link ke blog Anda.

4. Ambil Inisiatif: Sebarkan Konten Anda

You’re the blogger. Jangan menunggu orang lain untuk menyebarluaskan konten Anda melalui situs-situs social media. Luangkanlah waktu khusus untuk men-submit konten Anda ke situs-situs social bookmarking (Digg, StumbleUpon) atau menyebarkan konten blog Anda ke situs-situs social networking (Facebook). Update pula informasi blog Anda melalui situs microblogging semacam Twitter atau Plurk.

5. Permudah Orang Lain Menggunakan Konten Anda

Salah satu rahasia strategi social media optimization adalah membiarkan orang lain yang mempromosikan konten blog Anda. Bukan Anda. Karenanya, mempermudah pembaca blog Anda untuk menggunakan dan mengubah konten blog Anda sesuai syarat yang Anda tetapkan adalah sebuah keharusan. Gunakan widget Creative Commons Attribution agar pembaca blog Anda tahu batasan penggunaan kembali artikel Anda.

Mau tahu 10 tips mudah social media optimization (SMO) untuk blog Anda? Click to Tweet

6. Bangun Komunitas Anda Sendiri

Mulailah membangun komunitas pembaca blog Anda sendiri. Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk mulai membangun komunitas blog Anda. Dengan memiliki komunitas, Anda membangun jaringan dengan mereka yang benar-benar memiliki minat yang sama dengan Anda, ingin berhubungan dengan Anda, dan ingin mendapatkan manfaat dari komunitas yang Anda bangun.

7. Beri Penghargaan Untuk Pembaca Blog Anda

Dalam konteks social media optimization, peran pembaca blog Anda sangatlah penting. Pembaca blog Andalah sebenarnya yang menyebarluaskan informasi tentang blog Anda dan bahkan menjadi evangelist tanpa pamrih untuk blog Anda. Karena itu, berilah penghargaan kepada pembaca blog Anda. Berikan link love untuk mereka yang telah berkomentar. Berikan insentif hadiah gratis untuk mereka yang telah setia menjadi pembaca blog Anda.

8. Berpartisipasilah!

Social media is about socializing. Social media adalah soal bersosialisasi. Sifatnya two-ways. Karenanya, Anda harus berpartisipasi dan terlibat dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pembaca blog Anda atau mereka yang mengikuti Anda (misalnya via Twitter atau Facebook). Berpartisipasi membuat pesan yang ingin Anda sampaikan lebih cepat tersebar luas.

9. Bersikaplah Santun dan Jujur

Sama halnya dengan bergaul di dunia nyata, berinteraksi di dunia maya melalui social media juga diatur oleh etiket yang sama. Bersikaplah santun. Bersikaplah jujur. Jangan pernah berbohong kepada komunitas yang Anda ikuti. Hormati siapapun yang menjalin komunikasi dengan Anda. Sikap-sikap positif ini pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan orang kepada Anda.

10. Jangan Takut Salah dan Mencoba Hal Baru

Social media is changing by the minute. Nyaris setiap saat lahir kemungkinan-kemungkinan baru, situs baru, tools baru, dan platform baru di dunia social media. Karenanya jangan berhenti belajar sesuatu yang baru dan jangan takut mencoba hal-hal baru.

Nah, jika Anda menerapkan ke-10 tips SMO diatas, inilah yang akan Anda dapatkan:

1. Profil Pribadi Anda Meningkat

Semakin banyak orang membicarakan dan berhubungan dengan Anda, semakin meningkat profil pribadi Anda sebagai seorang blogger yang cakap bergaul di dunia maya. Apresiasi ini pada gilirannya akan membuat Anda semakin mudah membangun jaringan di dunia social media.

2. Networking Meningkat

Dengan semakin banyaknya expose profil diri Anda di situs-situs social media, maka semakin mudah bagi Anda untuk meningkatkan kontak dan jaringan pertemanan. Semakin besar jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula tingkat kepercayaan orang terhadap Anda.

3. Kepercayaan Meningkat

Kepercayaan adalah mata uang di dunia maya. Sekali Anda mengabaikan betapa pentingnya kepercayaan, maka hancurlah karir Anda di dunia maya. Dengan semakin besarnya jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula tingkat kepercayaan orang kepada Anda. Referensi orang lain yang menjadi anggota jaringan Anda sangat penting di dunia maya.

4. Penghasilan Meningkat

Hasil akhirnya: semakin Anda dipercaya, semakin mudah bagi Anda untuk menghasilkan uang melalui blog Anda.


Bagaimana menurut Anda?

Sudahkah Anda mencoba melakukan optimasi social media untuk blog Anda?

Semoga bermanfaat.

Image credit: BlueFountainMedia.com

2 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!