4 Parameter Blog Yang Bagus dan Harus Anda Kunjungi

“Apakah parameter blog yang bagus dan harus Anda kunjungi?”

Jawabannya tentu bisa berderet panjang.

Nyaris setiap orang bisa punya alasan berbeda.

Misalnya, salah seorang teman saya suka membaca blog yang ditulis orang terkenal atau public figure. Alasannya sederhana. Dengan membaca blognya, ia bisa tahu lebih dalam sisi personal si tokoh yang biasanya hanya bisa dilihatnya di layar televisi. Ya, ketika menulis di blog yang sifatnya personal, kita memang bisa lebih terbuka ketimbang ketika diwawancarai media. Dengan membaca blog pribadi si tokoh, teman saya berharap bisa melihat sisi lain kepribadian (entah positif atau negatif) si public figure yang mungkin tidak ditemukannya di media massa.

Teman saya yang lain suka mengunjungi blog dengan topik tulisan yang unik, tidak jamak, dan mungkin sulit ditemukan di mainstream media. “Buat apa membaca blog kalau isinya sama dengan berita di koran,” gerutunya.

Tetapi memang benar, kelebihan blog, salah satunya, adalah kemampuannya membuka ruang aliran informasi di luar pintu informasi utama yang sudah ada (seperti koran, radio atau televisi).

Teman saya yang lain suka membaca personal blog milik orang biasa yang isinya adalah catatan kejadian sehari-hari. Ya, semacam onlineĀ diary. Ia suka membaca kisah kehidupan sehari-hari si pemilik blog yang kadangkala mirip pengalamannya sendiri. Karena ditulis setiap hari, menurutnya, blog seperti ini tidak akan pernah basi sehingga menarik untuk dikunjungi.

Benar juga. Alasan yang masuk akal.

Teman saya yang lain mengaku senang membuka-buka blog dengan desain yang bagus. Ia juga suka meniru desain-desain blog yang dianggapnya bagus atau out of the box. Maklum, teman saya ini mahasiswa desain. Tidak salah dong jika ia belajar desain lewat desain blog yang bagus.

Beberapa teman saya yang lain mengaku suka mengunjungi blog yang memang memberikan informasi yang ia butuhkan. Seorang teman suka membaca blog yang membahas cara membuat dan mempromosikan blog. Seorang teman yang lain suka membaca blog tentang cara-cara bertransaksi saham. Teman yang lain suka mengunjungi blog yang membahas tips meraih beasiswa ke luar negeri. Atau blog tentang perkembangan IT termutakhir. Atau blog tentang panduan cara memasak berbagai jenis sup. Atau blog tentang cara-cara menghasilkan uang dengan media blog itu sendiri.

Nah, sangat beragam, bukan?

Tetapi jika saya boleh menyarikan, menurut saya setidaknya ada empat parameter blog yang bagus dan harus Anda kunjungi.

Apa saja keempat parameter tersebut?

Inilah 4 parameter blog yang bagus dan harus Anda kunjungi. Click to Tweet

1. Konten Yang Baru

Newness, kebaruan, atau konten yang selalu baru. Hemat saya parameter ini seharusnya menjadi perhatian utama untuk menilai blog yang bagus dan layak dikunjungi. Dengan kata lain, blog yang layak dikunjungi, pertama-tama adalah blog yang selalu ter-update. Bukan blog yang isinya selama berbulan-bulan itu-itu saja.

Basi.

Ketinggalan zaman.

Soal konten atau isi setiap orang bisa punya penilaian berbeda. Konten blog yang bagus juga bisa bersifat subjektif. Buat saya bagus, belum tentu buat Anda juga bagus. Dan sebaliknya. Tetapi, apalah artinya blog dengan tulisan bagus namun selama berbulan-bulan hanya berisi satu tulisan?

Menurut saya, jauh lebih bagus sebuah blog dengan konten yang biasa-biasa saja, namun selalu menawarkan sesuatu yang baru setiap hari. Dengan kata lain, selalu di-udate secara rutin. Entah berupa catatan aktivitas sehari-hari, entah renungan, entah gerundelan, entah analisis canggih. Ekstrimnya, tidak peduli walau isinya hanya satu dua kalimat, asal ia rutin diperbarui. Jika ditakar, hemat saya nilai blog seperti ini akan jauh lebih tinggi dibanding blog yang tidak pernah diperbarui.

Blog yang selalu ter-update membuktikan bahwa si penulis bertanggungjawab terhadap blog miliknya. Apapun isinya, kumpulan tulisan yang ter-update rutin akan menjadi catatan sejarah berharga bagi penulisnya. Ia bisa menelusuri kembali buah pikirannya pada suatu rentang masa.

Blog yang selalu ter-update juga membuat pembacanya merasa diperhatikan. Menawarkan hal baru, cerita baru. Blog seperti ini seperti mengajak pembacanya untuk selalu berdialog. Bercerita. Berbagi.

Jadi, jika ingin mengunjungi sebuah blog, pertama-tama pastikan ia ter-update secara rutin.

2. Konten Yang Menarik

Ya, konten atau isi yang menarik. Blog yang bagus dan harus dikunjungi adalah blog yang membuat pembacanya tergoda untuk selalu membaca isinya.

Tetapi menarik menurut siapa?

Jawabannya: menurut Anda.

Soal menarik atau tidak memang bisa sangat subjektif. Ia bisa jadi debat kusir berkepanjangan. Menarik untuk si A, belum tentu menarik bagi si B, C, D atau E. Tetapi tidak perlu risau. Tidak perlu berdebat. Kuncinya hanya satu: ANDA tertarik dengan konten blog yang Anda baca.

Jangan pedulikan orang lain.

Konten atau isi yang menarik bisa jadi karena beberapa alasan. Bisa karena tema tulisan-tulisannya. Atau karena sudut pandang yang diambil penulisnya. Atau karena gaya bahasanya. Atau karena sesuai dengan minat dan kebutuhan pembacanya. Atau karena, bisa jadi, sekedar lucu. Unik. Jarang. Atau malah aneh.

Yang pasti, blog dengan konten atau isi yang menarik akan banyak dikunjungi pembaca. Jika Anda bingung memilih blog apa yang akan Anda kunjungi, pastikan saja bahwa blog tersebut memiliki konten yang menarik minat Anda.

3. Desain Yang Menarik

Harus diakui, blog dengan desain menarik bisa menjadi salah satu parameter penting apakah blog tersebut akan dikunjungi pembaca atau tidak. Sebuah blog dengan desain yang bagus akan membuat pembacanya betah berlama-lama membaca tulisan demi tulisan. Sebaliknya, blog yang terlalu garing atau malah terlalu rame akan membuat pembacanya merasa cepat bosan dan segera beralih membuka blog yang lain.

Lalu apakah ukuran desain blog yang menarik?

Bisa jadi banyak faktor yang ikut menentukan. Namun, hemat saya, kata kuncinya adalah proporsional. Tidak terlalu rame dengan berbagai aksesoris (yang tidak perlu) sehingga membuat blog tersebut cluttered, tetapi juga tidak terlalu miskin fitur karena akan membuat pembaca cepat bosan.

Membuat blog dengan desain yang menarik tentu tidak mengharuskan kita untuk menjadi desainer web profesional terlebih dahulu. Semua orang sebenarnya bisa membuat blog dengan desain yang menarik karena hampir semua penyedia layanan blog sangat mudah dipergunakan. Selain itu, kita juga bisa mencontoh desain blog-blog lain yang bagus dan jumlahnya berjuta-juta itu, bukan?

4. Fitur Yang Bermanfaat

Ya, aksesoris/fitur/layanan yang bermanfaat. Salah satu kelebihan blog yang sering dikunjungi pembaca adalah tersedianya aksesoris/fitur/layanan yang bermanfaat. Dengan aksesoris/fitur/layanan ini, pembaca blog merasa mendapatkan nilai lebih saat berkunjung ke blog tersebut.

Misalnya, salah satu aksesoris atau fitur penting sebuah blog adalah kolom komentar. Dalam dunia blogging, kolom komentar adalah tool interaksi bagi si pemilik blog dan pembacanya. Selain itu, kolom komentar juga bisa digunakan untuk saling mempromosikan diri. Dengan memberi komentar, seorang pembaca memberikan apresiasi terhadap isi sebuah blog. Sebaliknya, si pemilik blog juga bisa melacak alamat blog si pemberi komentar sehingga kedua belah pihak akan saling mengenal.

Sama-sama untung. Simbiose mutualisme.

Pada gilirannya, blog keduanya akan saling dikuatkan. Tidak ada yang lebih tinggi. Tidak ada yang lebih rendah. Semua setara.

Fitur penting lain bagi sebuah blog adalah blogroll atau daftar link ke blog lain. Dengan adanya fitur ini, seorang pembaca blog cukup membuka satu blog dan bisa menjelajahi dunia blogging dengan tema sejenis yang hampir tanpa batas. Blog yang memiliki fitur ini tentu akan sangat memudahkan para pembacanya.

Aksesoris atau fitur lain yang menjadi parameter blog yang layak dikunjungi tentu bisa berbeda untuk setiap orang. Apalagi, ada banyak aksesoris atau fitur dalam dunia blogging. Tetapi yang pasti, semakin besar manfaat aksesoris/fitur/layanan yang diberikan sebuah blog, semakin besar pula peluang pembaca yang akan berkunjung dan membacanya.

Sebagai pembaca, keempat parameter penting diatas layak dijadikan ukuran untuk berkunjung dan membaca sebuah blog. Disisi lain, sebagai pemilik blog, keempat parameter diatas juga bisa menjadi bahan koreksi diri.

Apakah blog Anda cukup layak untuk dikunjungi dan dibaca?

Tidak ada salahnya kita evaluasi.

Image credit: InsideIIM.com

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!