5 Cara Non-Konvensional Menghasilkan Uang Dari Blog

Menghasilkan uang melalui blog selama ini dianggap hanya bisa dilakukan secara langsung, directly from the blog.

Sebagian besar tips make money from blogging yang tersebar di internet mengulas tentang bagaimana cara-cara menghasilkan uang dari blog Anda dengan cara-cara “konvensional” seperti memasang iklan Google Adsense, membuat blog review product dengan affiliate link dari Amazon Associates, atau mengikuti program paid review.

Padahal, sebenarnya, ada banyak cara “non-konvensional” untuk menghasilkan uang melalui blog yang barangkali tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Lalu apakah cara-cara “non-konvensional” untuk menghasilkan uang dari blog Anda?

Berikut adalah 5 cara menghasilkan uang secara tidak langsung dari blog yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya:

1. Membuka Layanan Konsultasi

Jika Anda benar-benar menguasai topik yang Anda tekuni dan menjadi ahli di bidang tertentu, Anda bisa membuka layanan konsultasi bagi mereka yang membutuhkan nasehat profesional Anda. Beberapa topik tertentu barangkali memiliki peluang yang lebih besar ketimbang topik yang lain. Namun pada dasarnya, terbuka lebar peluang untuk menghasilkan uang dengan memberikan layanan konsultasi melalui blog Anda.

Di luar negeri, layanan konsultasi biasanya dibayar per jam. Salah satu blogger asing yang sukses memberikan layanan konsultasi adalah Chris Garrett (pemilik Chrisg.com). Di Indonesia, sejauh yang saya tahu, sayangnya belum ada blogger yang mengambil peluang ini secara serius.

Anda tertarik?

2. Membuka Kursus Online Anda Sendiri

Selain memberikan layanan konsultasi, sekali lagi jika Anda benar-benar menguasai topik yang Anda pilih, Anda bisa membuka kursus online berbayar. Melalui kursus online berbayar, setiap member yang bergabung bisa belajar secara langsung, step-by-step dari Anda. Biasanya, kursus online menerapkan sistem keanggotaan paid membership tertutup dimana setiap member harus membayar sejumlah uang selama jangka waktu tertentu.

Salah satu blogger asing yang sukses mendulang uang dengan metode membuka kursus online adalah Yaro Starak, dengan Membership Site Mastermind (jangan lupa download ebook gratis hasil wawancara eksklusif saya bersama Yaro Starak). Di Indonesia, Anne Ahira sudah cukup lama mengelola Asian Brain, sebuah program kursus online berbayar.

Inilah 5 cara non-konvensional menghasilkan uang dari blog yang bisa Anda coba. Click to Tweet

3. Menerbitkan Blog Menjadi Buku

Menerbitkan buku yang berasal dari blog saat ini semakin populer dan banyak dijadikan model monetisasi blog. Semakin potensial pasar niche yang Anda tekuni, maka semakin besar pula peluang menerbitkan blog Anda dalam bentuk buku. Di luar negeri, mengubah blog menjadi buku, misalnya, dilakukan oleh Gina Trapani, chief editor Lifehacker.com dan Darren Rowse, blogger profesional pemilik ProBlogger.net (baca juga wawancara eksklusif saya bersama Darren Rowse di ebook gratis “The SuperBlogger Code“).

Contoh lain adalah buku yang berasal dari blog ICanHasCheezBurger.com, sebuah blog unik yang sepenuhnya berisi foto-foto kucing dengan caption lucu. Di Indonesia, salah satu blogger fenomenal yang sukses membukukan blognya adalah Raditya Dika. Bahkan, bukan hanya buku, film yang diangkat dari blog Dika pun menuai sukses di layar lebar. Oh ya, saya sendiri sudah menerbitkan dua buah buku tentang blogging dan make money from blogging yang materinya saya ambil dari blog ini.

4. Menjadi Pembicara Seminar Berbayar

Menjadi pembicara seminar, konferensi ataupun workshop juga bisa menjadi salah satu cara para blogger untuk menghasilkan uang. Tentu saja, untuk bisa menjadi seorang pembicara seminar Anda harus cukup memiliki keahlian khusus tertentu. Selain itu Anda juga dituntut untuk memiliki kredibilitas positif sebagai ahli di bidang yang Anda tekuni. Di luar negeri, nama Darren Rowse dan Jeremy Schoemaker (baca juga wawancara eksklusif saya bersama Jeremy “Shoemoney” Schoemaker di ebook “The SuperBlogger Code“) sudah sering menjadi langganan pembicara seminar, terutama jika berkaitan dengan topik make money from blogging.

Di Indonesia, sejumlah blogger juga mulai serius menjadi pembicara seminar. Contohnya adalah Mas Enda Nasution, dan Mas Budi Putra. Kebetulan, saya sendiri sempat beberapa kali diminta menjadi pembicara seminar tentang make money from blogging.

5. Menjadi Ghost Writer

Tahu kan arti ghost writer? Gampangnya, ghost writer adalah orang yang menulis artikel untuk orang lain, atas nama orang lain, dengan imbalan uang tertentu. Jika Anda cukup punya nyali dan tidak ada masalah dengan persoalan etis tidaknya pekerjaan ini, profesi ghost writer bisa menjadi pilihan Anda.

Di luar negeri, profesi ghost writer yang dilakoni para blogger bukan lagi hal yang aneh dan tabu. Di Indonesia sendiri, meskipun nyaris tidak ada data yang terpublikasi, saya pribadi yakin bahwa profesi ghost writer mulai banyak dijalani para blogger lokal Indonesia.


Nah, ternyata ada banyak cara “non-konvensional” untuk menghasilkan uang melalui blog yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya, bukan?

Bagaimana menurut Anda?

Tertarik untuk mencoba?

Image credit: SatyaJoshi.com.np

2 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!