5 Keuntungan Membuat Artikel Seri Wawancara di Blog Anda

Apa itu artikel seri wawancara?

Artikel seri wawancara sebenarnya tidak jauh berbeda dengan seri artikel biasa. Keduanya mengandaikan serangkaian posting mengenai satu topik tertentu.

Bedanya, jika seri artikel memuat tulisan Anda tentang topik tertentu, seri wawancara memuat hasil wawancara yang secara khusus dibuat dengan topik tertentu. Dengan kata lain, dengan seri wawancara Anda tidak perlu menulis sendiri konten blog Anda.

Terlepas dari sejumlah tantangan yang ada untuk membuat sebuah seri wawancara, ada beberapa keuntungan yang cukup berharga untuk Anda pertimbangkan jika Anda ingin membangun fondasi dasar blog Anda.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuat seri wawancara untuk blog Anda adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Artikel Pilar

Artikel pilar (pillar article) adalah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro Starak, seorang blogger professional asal Australia, untuk menjelaskan suatu jenis artikel yang berfungsi sebagai konten utama blog, biasanya ditulis dengan mendalam, merupakan artikel rujukan/referensi, tidak terpengaruh waktu (bisa dibaca kapan saja), memiliki potensi menarik traffic dan mendapatkan link dari blog lain.

Beberapa istilah dengan makna yang sama dengan pillar article diantaranya adalah flagship content (Chris Garret) dan cornerstone content (Brian Clark). Dengan membuat seri wawancara yang memenuhi sifat-sifat diatas, Anda bisa menciptakan artikel pilar yang akan menyangga konten blog Anda di masa depan.

2. Mendapatkan Konten Secara “Gratis”

Salah satu keuntungan terbesar membuat seri wawancara adalah Anda mendapatkan konten untuk blog Anda secara gratis. Ya, Anda benar-benar tidak perlu membayar untuk mendapatkan konten yang berkualitas.

Bayangkan berapa uang yang harus saya bayar seandainya saya meminta seorang Darren RowseJeremy “Shoemoney” atau Yaro Starak untuk menulis artikel di blog ini? Dengan mewawancarainya, saya bisa mendapatkan konten blog yang berkualitas tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun (jangan lupa download ebook gratis hasil wawancara saya dengan Darren Rowse, Jeremy “Shoemoney” dan Yaro Starak).

Namun demikian, tentu saja harus dicatat bahwa Anda tidak mungkin memenuhi konten blog Anda seluruhnya dengan hasil wawancara. Konten pilar berdasarkan hasil wawancara tetap harus Anda batasi. Konten orisinal Anda sendiri tentu tetap lebih penting.

3. Memberi Sudut Pandang Baru Bagi Pembaca Blog Anda

Dengan membuat seri wawancara, Anda memberi ruang bagi para pembaca blog Anda untuk mendapatkan sudut pandang baru mengenai suatu topik. Bisa jadi responden yang Anda wawancarai memiliki pandangan baru atau berbeda atau bahkan bertentangan dengan pandangan Anda.

Biarkan sudut pandang yang berbeda ini memberi warna konten blog Anda. Beri kesempatan pembaca blog Anda untuk memperluas perspektif mengenai suatu topik. Jangan merasa diri paling benar dan juga jangan takut kehilangan pembaca yang berbeda pandangan dengan Anda.

Terakhir, seri wawancara juga bisa menghindarkan pembaca blog Anda agar tidak merasa bosan kepada Anda.

5 keuntungan membuat artikel seri wawancara di blog Anda. Click to Tweet

4. Membangun Relasi Dengan Tokoh Yang Anda Wawancarai

Membuat seri wawancara juga akan memberikan keuntungan jangka panjang berupa hubungan yang baik dengan responden yang Anda wawancarai. Bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda membutuhkan opini atau pandangannya mengenai suatu topik, Anda bisa dengan lebih mudah menghubungi responden Anda lagi.

Secara pribadi, saya sendiri masih sering mengirimkan email kepada Yaro Starak untuk sekedar menanyakan sesuatu hal yang saya tidak tahu. Jika beruntung, seringkali hubungan selepas wawancara yang Anda lakukan ini bahkan berlanjut menjadi kerjasama atau blog networking bagi kedua belah pihak.

Siapa tahu Anda diajak bekerjasama oleh tokoh yang Anda wawancarai di niche yang Anda pilih.

5. Membangun Kredibilitas Anda

Keuntungan tidak langsung dari membuat seri wawancara di blog Anda adalah mendapatkan dukungan atas kredibilitas Anda di niche yang Anda tekuni. Mendapatkan kesempatan mewawancarai seorang tokoh yang disegani di niche yang Anda pilih akan memberi nilai tambah bagi diri Anda sendiri dan blog Anda.

Secara tidak langsung, Anda menerima “efek tetesan” otoritas dari responden yang Anda wawancarai (klik disini untuk mengubah blog Anda menjadi authority blog). Dengan terus berusaha menulis konten blog yang berkualitas setelah membuat seri wawancara, bukan tidak mungkin kredibilitas yang Anda dapatkan dari “efek tetesan” ini akan bertahan lama.


Barangkali itulah 5 keuntungan terbesar membuat artikel seri wawancara di blog Anda.

Jika Anda tertarik dan percaya bahwa membuat seri wawancara akan memberi keuntungan untuk blog Anda, kenapa tidak mencoba memulai membuat seri wawancara sederhana tentang sebuah topik di blog Anda?

Selamat mencoba.

Image credit: League.co.za

4 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!