5 Tips Mudah Melipatgandakan Penghasilan Dari PPC Lokal

“Bagaimana cara meningkatkan penghasilan dari PPC lokal?”

Hampir setiap blogger kini bisa menampilkan iklan PPC lokal (baca: PPC buatan Indonesia) dan mendapatkan penghasilan ekstra dari blog berbahasa Indonesia.

Sayangnya, tidak semua blogger bisa mendapatkan penghasilan besar dari PPC lokal. Sebagian besar blogger bahkan hanya mendapatkan beberapa ribu rupiah dari PPC lokal. Padahal, jika tahu caranya, penghasilan PPC lokal bisa juga mencapai angka yang lumayan besar.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan penghasilan dari PPC lokal?

Adakah tips-tips rahasianya?

Berikut adalah tips sederhana dan mudah dilakukan mengenai bagaimana Anda bisa melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal di blog berbahasa Indonesia Anda.

1. Pilihlah PPC Lokal Yang Memberikan Harga Per Klik Tertinggi

Hingga artikel ini ditulis, setidaknya telah ada 10 PPC lokal di Indonesia. Nah, jika Anda ingin melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal, cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan HANYA menampilkan iklan PPC lokal yang memberikan harga per klik tertinggi.

Ibarat perlombaan lari, dengan menampilkan iklan PPC lokal dengan harga per klik tertinggi, maka sejak awal Anda telah berada selangkah di depan pesaing-pesaing Anda.

2. Tampilkan Iklan PPC Lokal Tepat di Bawah Judul Artikel

Kenapa di bawah judul artikel? Karena nyaris semua publisher program PPC (baik lokal maupun asing) telah membuktikan bahwa iklan PPC yang ditampilkan tepat di bawah judul artikel memiliki nilai CTR (Click Through Rate) tertinggi dibanding yang lain. Artinya, iklan di bawah judul artikel memiliki peluang lebih besar untuk mendapat klik dari pengunjung blog.

Jadi, jika Anda ingin melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal, pastikan bahwa salah satu iklan PPC lokal tersebut berada tepat di bawah judul artikel di blog Anda.

Inilah 5 tips mudah melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal. Click to Tweet

3. Pilihlah Format Iklan Terbesar dan Bukan Iklan Banner

Selain lokasi yang tepat, pilihan format iklan yang tepat juga sangat mempengaruhi besar kecilnya penghasilan dari program PPC. Apa format iklan yang paling tepat? Penelitian resmi yang dilakukan Google (Google Adsense) menunjukkan bahwa format iklan terbesar dan berupa teks (bukan banner) memiliki nilai CTR tertinggi.

Artinya, semakin besar ukuran iklan teks yang Anda pilih, semakin besar peluang iklan tersebut mendapatkan klik dari pengunjung blog Anda. Anda bisa memilih format iklan Persegi – 300 x 250 atau Medium Rectangle – 300 x 250.

4. Pilihlah Warna dan Font Iklan Yang Mirip Dengan Warna dan Font Blog Anda

Salah satu tips rahasia optimasi iklan PPC adalah dengan menampilkan iklan sedemikian rupa sehingga terlihat seolah-olah bukan sebagai iklan. Jadi, usahakan agar warna dan font iklan PPC yang Anda tampilkan sama dengan warna dan font huruf di blog Anda.

Untuk KumpulBlogger, karena keterbatasan format iklan yang tidak bisa diubah, Anda bisa menyamarkannya dengan menampilkan iklan KumpulBlogger seolah-olah sebagai bagian dari konten utama blog Anda. Untuk PPC lokal yang lain, Anda bisa mengubah warna dan pilihan font sesuai warna dan font huruf blog Anda.

5. Tampilkan Maksimal Hanya 3 Unit Iklan PPC di Setiap Halaman

Pernahkah Anda mengunjungi blog yang nyaris seluruh halamannya dipenuhi iklan PPC? Apa yang Anda rasakan? Sebal? Ya, hal yang sama juga berlaku untuk blog Anda. Jangan memaksakan diri untuk menampilkan terlalu banyak iklan PPC di blog Anda. Hemat saya, 3 unit iklan PPC sudah lebih dari cukup. Yang lebih penting adalah mengatur penempatan ke-3 unit iklan tersebut agar memberikan hasil yang optimal.

Dengan membatasi jumlah iklan PPC yang tampil di blog Anda, maka semakin besar nilai CTR total yang Anda dapatkan. Artinya, semakin besar pula peluang melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal.

Bonus Tips:

Jangan terlalu khawatir jika niche blog Anda tidak berhubungan dengan topik “make money from blogging“. Penelitian kecil-kecilan yang saya lakukan untuk PPC lokal membuktikan bahwa blog dengan niche umum (general) ternyata justru memiliki nilai CTR yang lebih tinggi ketimbang blog dengan niche “make money from blogging.” Penyebabnya adalah karena blog dengan niche umum (general) mendapatkan mayoritas pengunjung dari search engine (mesin pencari, misalnya Google) yang notabene masih awam dengan iklan-iklan PPC lokal.

Sebaliknya, pengunjung blog bertopik “make money from blogging” adalah mereka yang sudah cukup paham dengan iklan-iklan PPC lokal sehingga malas meng-klik iklan PPC. Jadi, jangan takut bereksperimen menampilkan iklan PPC lokal meskipun topik blog Anda adalah tentang info dan gosip selebritis, misalnya.


Sebagai catatan akhir, ke-5 tips diatas adalah pengalaman pribadi saya mengenai bagaimana cara melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal. Bisa jadi kondisinya berbeda dengan pengalaman Anda.

Namun saya pribadi percaya, jika Anda sabar serta persisten menerapkan tips-tips diatas, yakinlah bahwa penghasilan Anda dari PPC lokal akan meningkat seiring meningkatnya jumlah pengunjung blog Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Image credit: MyPhambrightDoctors.vn

4 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!