5 Tips Mudah Memikat Hati Pengunjung Blog Anda

Pernahkah Anda mendengar atau membaca komentar seperti dibawah ini?

“Pengunjung blogku bulan ini turun. Kenapa ya?” “Pengunjung blogku biasanya 10.000 per hari, gara-gara kena sandbox jadi tinggal 5.000.”

Saya sering.

Sadar atau tidak, sebagai blogger, kita seringkali memandang pengunjung blog kita semata-mata sebagai angka-angka.

Tanpa nyawa. Tanpa emosi. Tanpa perasaan.

Padahal sejatinya pengunjung blog kita adalah manusia.

Ya, pengunjung blog juga manusia. Bukan sekedar angka-angka. Bukan sekedar data stats counter. Bukan sekedar grafik yang membuat Anda selalu ingin mengeceknya 5 kali sehari.

Traffic dan “manusia” (yang mengunjungi blog Anda) adalah dua hal yang berbeda. Anda bisa membeli traffic, tapi Anda tidak bisa membeli kesetiaan pengunjung blog Anda.

Traffic mungkin datang jika Anda jago optimasi search engine (SEO), namun pengunjung blog Anda datang karena merasa mendapatkan manfaat dan kehangatan akan pribadi Anda.

Traffic tidak memberi link ke blog Anda, pengunjung blog Anda dengan sukarela menautkan link ke blog Anda.

Traffic tidak memiliki rasa, pengunjung blog Anda tersenyum, mengangguk, bersedih, atau marah membaca tulisan di blog Anda.

Traffic tidak berlangganan newsletter, pengunjung blog Anda merasa perlu berlangganan newsletter blog Anda.
Traffic tidak berkomentar, pengunjung blog Anda berkomentar.

Ringkasnya: pengunjung blog Anda adalah nadi yang menghidupkan blog Anda.

Jika pengunjung blog Anda begitu penting, apakah yang bisa Anda lakukan untuk memikat hatinya agar selalu kembali mengunjungi blog Anda?

Berikut ini adalah 5 tips sederhana tentang bagaimana memikat hati pengunjung blog Anda.

1. Hargai Pengunjung Blog Anda

Jika Anda ingin memikat hati pengunjung blog Anda, tidak ada cara lain kecuali menghargai pengunjung blog Anda. Jika blog Anda adalah rumah, maka pengunjung blog Anda adalah tamu.

Hormatilah tamu Anda. Bersikaplah rendah hati. Santunlah berbahasa. Santun bukan berarti identik dengan “EYD”, yang kadang malah terlalu formal dan kaku. Menulislah dengan gaya Anda sendiri, meskipun itu dengan gaya bahasa gaul sekalipun, namun usahakanlah untuk selalu santun.

Terakhir, jangan pernah menyombongkan diri kepada pengunjung blog Anda. Memberikan informasi earnings bisnis online secara terbuka di blog Anda sama sekali bukan hal yang salah. Namun sampaikanlah informasi tersebut dengan cara yang elegan. Jangan membuat pengunjung Anda berpikir bahwa Anda sedang “pamer kekayaan.”

Lakukanlah:

– Bersikaplah rendah hati
– Pergunakanlah bahasa yang santun
– Jangan pernah menyombongkan diri

2. Berilah Lebih dan Lebih

Ya, berilah lebih. Memberi tentu tidak berarti harus berupa uang. Memberi lebih bisa berupa memberikan konten blog yang benar-benar bermanfaat. Sesuatu yang tidak bisa ditemukan di blog yang lain.

Memberi lebih juga bisa berupa memiliki desain blog yang bagus dengan navigasi yang memudahkan dan link-link yang dibutuhkan pengunjung blog Anda.

Memberi lebih bisa pula dengan sekedar mengubah kode no-follow blog Anda menjadi do-follow. Berilah “love link” kepada pengunjung blog Anda. Dan jika mungkin, berikanlah insentif gratis (misalnya berupa ebook) kepada pengunjung blog Anda.

Lakukanlah:

– Tulislah konten yang benar-benar bermanfaat
– Buatlah desain blog Anda “berbeda” diantara blog-blog yang lain
– Berikanlah rujukan link yang dibutuhkan pengunjung blog Anda
– Berikanlah “love link” untuk setiap komentar di blog Anda
– Berikanlah e-book gratis

Inilah 5 tips mudah memikat hati pengunjung blog Anda. Click to Tweet

3. Jadilah Sahabat Pengunjung Blog Anda

Ketika memutuskan untuk membuat blog, sebenarnya Anda telah memutuskan untuk berteman, meskipun hanya lewat dunia maya. Bertemanlah melalui kolom komentar di blog Anda.

Sebisa mungkin, balaslah komentar di blog Anda. Saya seringkali heran menemukan blog dengan 1 komentar dan itupun tanpa ada balasan. Jika memang Anda ingin pengunjung blog Anda kembali, balaslah setiap komentar, bantulah pengunjung Anda jika memiliki pertanyaan, atau bahkan balaslah meskipun hanya dengan memberikan ucapan terima kasih. Tinggalkan “like” atau komentar di social media.

Lakukanlah:

– Usahakan sebisa mungkin membalas komentar di blog Anda
– Bantu pengunjung blog Anda jika memiliki pertanyaan
– Tinggalkan pesan personal di social media pengunjung blog Anda

4. Inilah Rahasianya: Sebut Namanya

Inilah salah satu ungkapan bijak yang saya sukai: suara paling merdu yang ingin didengar setiap orang adalah panggilan nama mereka.

Dan itupun berlaku bagi pengunjung blog Anda. Jika Anda membalas komentar di blog Anda, pastikanlah untuk menuliskan nama pengunjung yang meninggalkan pesan di blog Anda. Jangan hanya dengan sapaan “Mas, Mbak, Oom, Bro atau Gan.”

Tulislah namanya dengan benar (ejaannya, red). Jika Anda menghargai nama pengunjung blog Anda, sebagai imbalannya pengunjung blog Anda pun akan menghargai Anda.

Lakukanlah:

– Tulis/sebut nama pengunjung blog Anda yang memberikan komentar
– Tulis namanya dengan benar

5. Kunjungi Sahabat Baru Anda

Menjalin hubungan pertemanan di dunia online (maya) tidak berbeda dengan di dunia offline (nyata). Saling memberi, saling berbagi dan saling menghargai adalah mata uang yang berlaku di kedua dunia tersebut.

Jika ada yang mengunjungi blog Anda dan memberikan komentar, meskipun hanya seorang, usahakanlah untuk mengunjungi dan memberi komentar balik di blognya. Berilah hanya komentar positif (ya, tidak ada gunanya memberikan komentar negatif untuk alasan apapun jika Anda benar-benar tulus ingin berteman).

Terakhir, usahakanlah mengunjunginya secara berkala sesuai waktu yang Anda miliki.

Lakukanlah:

– Usahakan mengunjungi blog yang memberikan komentar di blog Anda
– Berilah komentar positif
– Kunjungilah secara berkala


Sekali lagi, blogging bukanlah sekedar data dan angka. Blogging is really about people.

Jika Anda ingin memikat hati pengunjung blog Anda, tidak ada pilihan lain kecuali memperlakukannya sebagai manusia yang memiliki hati dan emosi. Bukan sekedar “traffic“.

Semakin Anda memahami dan menghargai pengunjung blog Anda, semakin besar pula penghargaan pengunjung blog Anda kepada Anda.

Jadi, jika Anda ingin menarik lebih banyak pengunjung ke blog Anda, mulailah dengan memperlakukan “traffic” sebagai manusia. Bukan sekedar angka-angka.

Bagaimana menurut Anda?

Image credit: LiveClinic.com

6 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!