5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu (Part-Time Blogger)

Berapa banyak blogger Indonesia yang benar-benar hidup dari aktivitas blogging?

Dengan kata lain, berapa banyak full-time blogger Indonesia yang benar-benar hanya mengandalkan penghasilan dari “bekerja” di dunia blogging?

Saya hampir yakin jawabannya tidak banyak.

Barangkali hanya berkisar satu sampai lima persen dari seluruh jumlah blogger di Indonesia yang jumlahnya bisa ribuan.

Dengan kata lain, kebanyakan blogger Indonesia yang menekuni aktivitas make money from blogging adalah blogger-blogger paruh waktu. Artinya, selain mendapatkan penghasilan dari blog, sebagian besar blogger di Indonesia masih mendapatkan penghasilan dari pekerjaan utama, di dunia off-line.

Menjadi blogger paruh waktu, terlepas dari sejumlah keterbatasannya, sebenarnya memiliki nilai lebih tersendiri.

Apa saja kelebihannya?

Pertama, keamanan finansial. Dengan menjadi blogger paruh waktu, Anda bisa mulai membangun arus penghasilan baru melalui media blog dengan tetap memiliki sumber penghasilan dari pekerjaan utama Anda. Kedua, peluang mendapatkan tambahan penghasilan yang berawal dari hobi Anda, yaitu blogging. Ketiga, tekanan yang tidak terlalu besar ketimbang jika Anda langsung memutuskan untuk menceburkan diri sepenuhnya hidup hanya dari aktivitas make money from blogging. Keempat, kesempatan belajar sambil melakukan (learning by doing) secara paruh waktu (part-time) bagaimana make money from blogging dengan benar dan menguntungkan.

Jika Anda kebetulan adalah seorang blogger paruh waktu, lalu apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjadi blogger paruh waktu yang sukses?

Berikut adalah lima tips sederhana yang barangkali bermanfaat bagi Anda blogger paruh waktu. Kelima tips ini saya sarikan dari pengalaman pribadi saya sebagai blogger paruh waktu sejak tahun 2006 hingga sekarang.

1. Tentukan Tujuan Anda Sebagai Blogger Paruh Waktu

Apakah Anda hanya ingin sekedar mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas make money from blogging? Apakah Anda ingin menggantikan penghasilan utama dengan penghasilan 5 atau 10 juta per bulan dari aktivitas blogging? Atau apakah Anda membuat dan mengelola blog sekedar sebagai hobi dan kesempatan untuk mengisi waktu luang?

Sesederhana apapun itu, tentukanlah tujuan Anda sendiri sejak awal menekuni aktivitas blogging. Dengan mengetahui tujuan pribadi Anda sendiri, Anda bisa menentukan apa yang Anda butuhkan dan langkah-langkah apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Tidak perlu melihat atau membanding-bandingkan dengan orang lain. Hanya Anda yang tahu ukuran sukses bagi diri Anda sendiri.

2. Tentukan Target Penghasilan Dari Blog Anda

Berapa target penghasilan yang Anda rencanakan dari blog Anda? 5 juta per bulan? 10 juta per bulan? Atau cukup 1 juta per bulan? Kapan target penghasilan tersebut ingin Anda capai? Tahun ini? Tahun depan?

Dengan menentukan target penghasilan yang ingin Anda dapatkan melalui aktivitas blogging, Anda bisa mengurangi tekanan berlebihan karena godaan ingin secepatnya seperti si blogger A atau blogger B yang memiliki penghasilan jauh lebih besar dari Anda. Berapa pun besarnya penghasilan yang ingin Anda dapatkan, hanya Anda yang tahu batas besar kecil kemampuan dan kebutuhan Anda.

3. Fokuslah Pada Minat Terbesar Anda

Barangkali klise, namun demikianlah kebenarannya. Apapun yang Anda targetkan dalam aktivitas make money from blogging, tetaplah berusaha fokus pada apa yang Anda sukai dan ingin Anda lakukan. Apa topik yang Anda ingin bagikan melalui blog Anda? Apa hobi Anda?

Melakukan sesuatu yang Anda sukai, akan membuat Anda bertahan walaupun tidak ada imbalan finansial di depan mata. Anda akan merasa bahagia karena melakukan sesuatu yang Anda sukai. Sebaliknya, Anda tidak akan mendapatkan kebahagiaan dengan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai.

4. Menulislah Berdasarkan Rencana Posting Terjadwal

Ya, salah satu tantangan menjadi blogger paruh waktu adalah keterbatasan waktu yang Anda miliki. Anda harus pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan utama Anda dan pekerjaan paruh waktu sebagai blogger. Seringkali, blogger paruh waktu dihadapkan pada keterbatasan waktu untuk menulis. Solusinya, buatlah jadwal terencana untuk menulis berdasarkan posting terjadwal.

Bagaimana caranya?

Panduan sederhana posting terjadwal yang saya lakukan ini barangkali bermanfaat bagi Anda. Pertama, buatlah jadwal rencana judul artikel yang akan Anda tulis untuk 1 minggu ke depan. Misalnya, Anda akan menulis 2-3 artikel selama seminggu kedepan. Kedua, manfaatkan waktu di akhir pekan untuk membaca dan mencari sumber-sumber rujukan artikel yang hendak Anda tulis. Misalnya, Sabtu sore untuk dua artikel dan Minggu sore untuk satu artikel. Ketiga, pergunakanlah waktu luang yang Anda miliki, misalnya 1 jam sebelum berangkat ke kantor atau 1-2 jam sebelum tidur untuk menulis 1 artikel selama 1 atau 2 hari ke depan.

Dengan membuat rencana posting terjadwal seperti ini, Anda bisa mengurangi tekanan deadline untuk harus meng-update tulisan secara rutin di blog Anda.

Inilah 5 tips sukses menjadi blogger paruh waktu (part-time blogger). Click to Tweet

5. Evaluasi Aktivitas dan Target Anda

Bersama berkembangnya aktivitas blogging dan make money from blogging yang Anda lakukan secara paruh waktu, lakukanlah evaluasi atas aktivitas dan target yang telah Anda tentukan sebelumnya. Sebagai patokan, ada baiknya Anda melakukan evaluasi setiap dua atau tiga bulan untuk menilai sejauh mana pencapaian target Anda. Apakah target Anda sudah tercapai? Apakah penghasilan tambahan yang Anda inginkan perlu disesuaikan? Siapa tahu dengan evaluasi tersebut tujuan awal Anda perlu diubah atau disesuaikan dengan kondisi terkini Anda.

Dengan mengikuti kelima tips sederhana ini, saya bisa bertahan menjalankan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan sebagai blogger paruh waktu sejak tahun 2006 hingga saat ini.

Bagaimana menurut Anda?

Saya yakin Anda juga memiliki tips-tips tersendiri untuk menyiasati keterbatasan menjadi blogger paruh waktu. Saya senang sekali jika Anda mau menambahkan tips-tips menjadi blogger paruh waktu berdasarkan pengalaman Anda pribadi.

Saya tunggu sharing pengalaman Anda di kolom komentar.

Image credit: Inc.com

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!