6 Langkah Sukses Membuat Kontes Untuk Mempromosikan Blog Anda

Salah satu strategi promosi blog yang barangkali perlu Anda pertimbangkan adalah dengan membuat kontes untuk blog Anda. Di artikel sebelumnya, Anda bisa menimbang keuntungan dan kerugian membuat kontes untuk blog Anda. Di artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah apa yang selanjutnya perlu Anda lakukan untuk membuat sebuah kontes yang berhasil bagi blog Anda.

Langkah-langkah ini mencakup mempersiapkan kontes, menentukan tujuan kontes, memilih jenis kontes, menentukan peserta kontes, menentukan hadiah kontes dan akhirnya mempromosikan kontes untuk blog Anda.

Agar tidak berlama-lama, langsung saja mari simak bersama artikel ini.

1. Mempersiapkan Kontes

Mempersiapkan sebuah kontes sebenarnya merupakan separuh jalan membuat kontes yang sukses. Jika kita mempersiapkannya dengan matang, kemungkinan keberhasilan kontes yang kita adakan tentu akan semakin besar. Demikian halnya, jika kita mempersiapkannya asal-asalan saja (atau apalagi tanpa persiapan sama sekali), niscaya hasil kontes yang kita adakan pun juga akan mengecewakan.

Beberapa hal yang sebaiknya menjadi catatan penting pada tahap mempersiapkan sebuah kontes diantaranya adalah:

– Mempertimbangkan Traffic Minimal

Membuat kontes tentu mengandaikan adanya sejumlah peserta yang akan berpartisipasi. Jika blog Anda sama sekali tidak memiliki pengunjung, kemungkinan untuk menarik banyak peserta tentu sangat kecil. Karenanya, sebelum memutuskan untuk membuat kontes, ada baiknya Anda mempertimbangkan jumlah traffic pengunjung minimal bagi blog Anda.

Batasan jumlah minimal tentu hanya Anda sendiri yang bisa menjawabnya. Bisa jadi 50, 100 atau 2000 pengunjung. Yang pasti, untuk mulai menarik peserta, sebaiknya ada sejumlah pengunjung blog Anda yang memastikan diri untuk mengikuti kontes yang Anda adakan. Semakin banyak tentu semakin baik.

Quick Tips: Batas pengunjung 50 unique visitors per hari sudah cukup untuk menarik peserta lain berpartisipasi dalam kontes yang Anda adakan.

– Menentukan Jangka Waktu Kontes

Hal lain yang tidak kalah pentingnya pada tahap persiapan adalah penentuan jangka waktu kontes. Sebelum membuat kontes di blog Anda, pastikan bahwa Anda telah menentukan jangka waktu kapan kontes tersebut dimulai dan kapan berakhir. Pertimbangkan pula jenis kontes yang Anda pilih untuk menentukan berapa lama sebaiknya sebuah kontes diadakan.

Quick Tips: Jangka waktu 1 bulan untuk sebuah kontes review cukup masuk akal, sementara jangka waktu 1 minggu untuk sebuah kontes komentar sudah cukup lama.

– Menentukan Syarat Kontes

Hal berikutnya yang tidak bisa diabaikan pada tahap persiapan adalah menentukan syarat untuk mengikuti kontes. Prinsip dasarnya adalah: buat sesederhana mungkin. Jangan membuat calon peserta kontes Anda mundur sebelum waktunya hanya gara-gara keder atau malas membaca syarat-syarat untuk mengikuti kontes yang Anda adakan karena terlalu ribet dan merepotkan.

Quick Tips: Buat syarat untuk mengikuti kontes sesederhana mungkin.

2. Menentukan Tujuan Kontes

Sebelum membuat sebuah kontes, hal terpenting yang harus Anda pastikan adalah “Apa tujuan kontes tersebut?” “Apa hasil yang Anda harapkan dari kontes untuk blog Anda?”

Beberapa tujuan kontes yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya adalah:

– Menciptakan buzz/viral marketing
– Mendapatkan pembaca baru
– Meningkatkan jumlah pelanggan atau email subscribers
– Memberi penghargaan pembaca lama
– Membangun backlink
– Membangun komunitas blog
– Meningkatkan page views
– Meningkatkan partisipasi pembaca blog

Setelah menentukan tujuan, Anda bisa beranjak untuk menentukan jenis kontes sesuai tujuan yang telah Anda tentukan sebelumnya.

3. Memilih Jenis Kontes

Dengan bekal tujuan kontes yang Anda ingin capai, selanjutnya Anda bisa memilih jenis kontes untuk blog Anda. Sebagai misal, jika tujuan Anda membuat kontes adalah untuk membangun backlink, maka jenis kontes review akan lebih tepat dibanding jenis kontes yang lain.

Berdasarkan tujuan kontes, selanjutnya Anda memilih jenis-jenis kontes seperti dibawah ini:

– Kontes Komentar Terbanyak

Kontes ini biasanya ditujukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog (baru maupun lama), meningkatkan partisipasi pembaca dan meningkatkan page views blog Anda. Kontes Komentar Terbanyak biasanya digunakan untuk memberikan penghargaan kepada pembaca setia sebuah blog.

– Kontes Komentar Terbaik

Kontes ini biasanya juga ditujukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung (baru maupun lama), meningkatkan partisipasi pembaca dan meningkatkan page views blog Anda. Bedanya, dalam Kontes Komentar Terbaik, pembaca blog hanya perlu memberikan komentar sekali dalam satu posting artikel di blog Anda.

– Kontes Review

Kontes ini biasanya ditujukan untuk menciptakan buzz/viral marketing, membangun backlink, meningkatkan partisipasi pembaca dan meningkatkan jumlah pelanggan email blog Anda. Saya sendiri pernah membuat Kontes Review untuk Blogguebo.com dan hasilnya sangat memuaskan.

– Kontes Lucky-Draw

Hampir sama dengan kontes Komentar Terbanyak, Kontes Lucky-Draw biasanya ditujukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog (baru maupun lama), meningkatkan partisipasi pembaca, meningkatkan page views blog Anda dan memberikan penghargaan kepada pembaca setia sebuah blog.

– Kontes Twitter Follower

Kontes Twitter Follower juga merupakan kontes baru yang memanfaatkan media micro blogging Twitter sebagai sarananya. Kontes ini biasanya secara spesifik hanya ditujukan untuk meningkatkan jumlah follower Twitter. Caranya yaitu dengan meminta peserta kontes untuk menjadi pengikut (follower) akun Twitter seorang blogger dan yang beruntung akan mendapatkan hadiah tertentu.

Kontes bisa menjadi pilihan strategi promosi blog Anda. Click to Tweet

4. Menentukan Peserta Kontes

Setelah menentukan jenis kontes berdasarkan tujuan kontes yang Anda inginkan, tahap selanjutnya adalah menentukan peserta kontes. Kenapa peserta kontes harus diberikan batasan? Karena Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal jika menfokuskan peserta kontes berdasarkan tujuan kontes yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Beberapa kriteria peserta kontes adalah sebagai berikut:

– Pembaca lama/setia blog Anda
– Pembaca baru blog Anda
– Pelanggan RSS blog Anda
– Pengikut Facebook atau Twitter Anda

5. Menentukan Hadiah Kontes

Menentukan hadiah bisa menjadi salah satu momok yang cukup memusingkan ketika Anda hendak membuat sebuah kontes untuk blog Anda. Hal ini setidaknya karena dua alasan. Pertama, tuntutan untuk menyesuaikan jumlah dana yang ada dengan kualitas hadiah kontes yang Anda adakan. Kedua, pilihan jenis hadiah agar benar-benar relevan dengan tujuan kontes yang Anda buat.

Namun demikian, secara umum, ada dua hal yang bisa diupayakan untuk menentukan hadiah kontes di blog Anda, yaitu:

– Hadiah Dari Anda

Hadiah bisa berupa barang (kaos, buku, stiker), uang tunai, digital/online produk (hosting, domain, ebook, script), atau bahkan sesuatu yang gratis. Jika Anda memutuskan untuk menanggung sendiri dana hadiah kontes yang Anda adakan, sebaiknya Anda benar-benar mengukur dengan matang kemampuan kantong Anda dan hasil akhir kontes yang ingin Anda adakan.

Jangan sampai, misalnya, dana besar yang Anda keluarkan tidak sebanding dengan hasil kontes yang Anda buat. Jika Anda ingin menciptakan efek “Wow” dengan memberikan hadiah yang luar biasa besar, ada baiknya Anda mempertimbangkan hadiah dari pihak sponsor.

– Hadiah Dari Sponsor

Salah satu solusi jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk memberikan hadiah kontes adalah dengan bekerjasama dengan pihak ketiga, dalam hal ini sponsor. Caranya? Pertama, Anda bisa menawarkan ide kontes yang hendak Anda buat beserta manfaat yang mungkin didapat oleh pihak sponsor melalui blog Anda, forum-forum atau secara langsung kepada sponsor potensial yang Anda bidik.

Kedua, tawarkan negosiasi harga/jenis hadiah. Jangan segan-segan untuk membuka diskusi tentang persyaratan sponsorship yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, jangan menjual kontes Anda terlalu mahal jika Anda ingin mendapatkan sponsor. Ketiga, dua sponsor tentu lebih baik ketimbang satu sponsor. Namun demikian, perlu dicatat bahwa pihak sponsor biasanya tidak ingin mendapatkan partner sponsor dari produk/layanan/niche yang sama.

6. Mempromosikan Kontes

Setelah Anda mempersiapkan semua aspek yang berkaitan dengan kontes yang hendak Anda adakan, kini tiba saatnya untuk mempromosikan kontes yang Anda buat. Ya, tanpa promosi, tidak akan ada yang tahu tentang kontes yang Anda buat.

Anda bisa mulai mempromosikan kontes yang Anda buat di blog Anda sendiri. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda mempertimbangkan media promosi lain diantaranya adalah:

– Forum Online

Mempromosikan kontes yang Anda adakan di forum online dengan topik sesuai niche blog Anda akan memberikan hasil yang sangat efektif. Beberapa forum berbahasa Indonesia yang barangkali layak Anda pertimbangkan bisa Anda baca di artikel ini.

Catatan: mempromosikan kontes untuk blog Anda tentu berbeda dengan melakukan spamming. Tetap jaga etika forum yang Anda ikuti dan hargai hak anggota foum yang lain.

– Contest Blogs

Salah satu media promosi kontes yang kini semakin populer adalah blog-blog yang menfokuskan diri menginformasikan kontes-kontes yang ada di internet. Sayangnya, media ini masih lebih efektif untuk blog-blog yang mengadakan kontes dalam bahasa Inggris.

– Social Bookmarking

Media promosi lain yang tidak bisa diabaikan begitu saja adalah social bookmarking. Untuk pembaca berbahasa Indonesia, akan lebih tepat apabila Anda mempromosikan kontes yang Anda adakan melalui situs-situs social bookmarking berbahasa Indonesia pula.

– Facebook dan Twitter

Media promosi yang tidak bisa diabaikan juga adalah Facebook dan Twitter. Dengan mempromosikan kontes Anda melalui Facebook dan Twitter, maka secara instan para pengikut Facebook dan Twitter Anda akan mendapatkan informasi tentang kontes yang Anda adakan.

– PPC Lokal

Terakhir, jika Anda memiliki dana yang cukup, tidak ada salahnya mempromosikan kontes di blog Anda dengan memasang iklan di program-program PPC lokal semisal KlikSaya, KumpulBlogger dan lain-lain.


Dengan menerapkan tips diatas, setidaknya berdasarkan pengalaman saya pribadi, upaya mempromosikan blog kita melalui kontes niscaya akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Yang pasti, dengan semakin banyaknya blog yang ada saat ini, dibutuhkan strategi “membedakan diri” ala Purple Cow yang bisa Anda lakukan melalui kontes, jika Anda ingin blog Anda benar-benar menarik perhatian para pengguna internet saat ini.

Bagaimana menurut Anda?

Image credit: SearchEngineLand.com

2 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!