Apa Topik Make Money from Blogging Terpenting Untuk Dipelajari? (Blogguebo and Friends’ Project: 3)

Pengantar:

Blogguebo and Friends’ Project adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda – para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Blogguebo and Friends’ Project seri ketiga kali ini menampilkan 9 blogger yang telah memberikan jawaban atas pertanyaan yang saya kirimkan via email (seorang blogger berhalangan mengirimkan jawaban pertanyaan untuk proyek ini).

Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat mereka.

Pertanyaan:

“Jika Anda ingin belajar make money from blogging, topik apa yang menurut Anda paling penting untuk dipelajari? Apa alasannya?”

1. Widhian Bramantya (Pemilik Danta-Article.com):

SEO. Karena menurut saya SEO (Search Engine Optimization) merupakan hal yang paling penting setelah konten. Beriklan secara offline atau secara lisan mungkin bisa mendatangkan visitor. Tapi sangat jauh di bawah kualitasnya bila visitor itu berasal dari Search Engine.”

2. Andi Sukry (Pemilik Matrixcom.co.cc):

SEO. Karena saya masih baru dalam dunia blogging, tentu saya ingin meningkatkan trafik di blog saya. Saya juga masih belum terlalu mengerti tentang SEO ini 🙂 Jadi saya merasa SEO ini sangat penting untuk dipelajari bagi saya. Dan menurut saya yang berpotensi memberikan penghasilan dari blog kita adalah pengunjung yang datang dari search engine.”

3. Rusdita Bazarrudin (Pemilik Ruzdee.com):

JALAN YANG TEPAT“. Selama ini saya mempelajari make money from blog ialah jalan untuk mendapatkan uang terlebih dahulu, yang artinya saya selalu mencari semua master yang sudah berpengalaman untuk mengajarkan saya bagaimana cara untuk make money from blog. Kadang semua orang beranggapan bahwa make money from blog itu mudah, namun bila tidak mengetahui jalan yang tepat akhirnya mereka tersesat dan tidak akan mendapatkan hasil sama sekali.

Ibaratkan kita naik sebuah perahu disungai, kita yakin kalau kita bisa sampai di samudera namun bila kita belum tahu jalan yang tepat bisa jadi kita akan tersesat ke anak sungai yang malah akan menjerumuskan kita kita ke jurang. Maka bila saya ingin mempelajari sesuatu maka saya cari ahlinya, ketika ingin mempelajai SEO saya datangi masternya, saya minta petunjuk kemudian saya praktekkan, begitu juga dengan ilmu yang lain, sehingga kita mempunyai seseorang yang mengarahkan kita jalan yang tepat untuk make money from blog.”

Apa topik make money from blogging terpenting untuk dipelajari? (Blogguebo and Friends’ Project: 3) Click to Tweet

4. Mario Cahyadi (Pemilik MarioCahyadi.com):

“Tergantung jenis monetize-nya. Kalo mo buat paid review ya pelajari dunia itu. Kalo mo PPC ya pejari dunia Adsense dan sebangsanya, dll. Namun terpenting bagi saya adalah bagaimana meningkatkan trafik, karena dengan trafik yang tinggi maka itu merupakan nilai market yang sangat bagus untuk pemasaran product kita.”

5. Ika Miranti (Pemilik Koolsonic.com):

“Menurut saya, topik yang terpenting adalah membangun trafik dan bagaimana cara mempertahankan atau bahkan meningkatkan trafik tersebut. Bagaimana caranya mendatangkan visitor dalam jumlah banyak adalah hal yang terpenting. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan mempelajari hal-hal seputar SEO, membangun komunitas dan mendapat pengunjung yang loyal, dan lain-lain. Karena dengan mantapnya trafik, tentu saja situs/blog tersebut sangat berpotensi untuk menjadi lahan pendapatan kita di internet.”

6. Mochamad Ismail (Pemilik Justduit.wordpress.com):

“Topik yang paling menarik adalah tentang “bagaimana menarik minat pengunjung agar mau datang ke blog kita?”

Alasannya: Kebanyakan orang membuka internet adalah untuk mendapatkan informasi. Bila konten sebuah blog dapat memenuhi kebutuhan akan informasi seseorang maka blog tersebut sudah pasti akan mendapat pengunjung. Semakin banyak pengunjung, maka peluang “make money from blog akan semakin besar”. Makanya kita harus bisa membuat artikel atau konten seperti ringtone, software, film, dan lain-lain sebisa mungkin dapat bermanfaat bagi orang banyak, minimal “niche market” dari blog tersebut.

Menurut catatan saya dari “blogwalking” dan kisah sukses para blogger terutama yang dari Indonesia, kunci dari make money from blog adalah trafik atau pengunjung blog. Pengunjunglah yang akan menentukan berapa besar penghasilan blog. Nol atau ribuan dollar. Menurut saya ini betul sekali.

Sebuah blog adalah seperti halnya kita mempunyai toko. Kontennya adalah barang yang dijual. Bila barang yang dijual tidak dibutuhkan orang atau barang-barangnya sudah kadaluwarsa alias basi sehingga tidak akan dicari orang lagi tentunya tidak akan ada orang yang datang mengunjungi toko kita. Atau sebaliknya barang-barang di toko bagus dan berkualitas tapi kurang promosi, penampilan toko jelek, ini juga dapat membuat sepi pengunjung. Untuk apa punya toko kalau tidak ada pengunjung, tentunya pemiliknya bakal bangkrut, barangnya tidak ada yang beli. Akhirnya toko tersebut “istirahat dengan menyesal” alias tutup.

Begitu juga dengan blog. Bila kontennya tidak berkualitas, tidak menarik, sudah kuno atau kadaluwarsa apalagi asal posting dan isinya tidak karuan tidak bermanfaat tentunya pengunjungpun akan sedikit jumlahnya. Tapi konten juga bukan segala-galanya, karena bila blog tidak melakukan promosi maka “sama juga bohong” tidak akan ada pengunjung yang mengetahui adanya blog tersebut.

Kesimpulan dari ilustrasi di atas, maka berarti untuk menarik minat orang agar datang ke blog kita berarti adalah dibutuhkan konten dan promosi blog. Selanjutnya, bila konten blog sudah dapat bermanfaat, dibutuhkan, dicari bahkan di nanti-nanti oleh orang. Mau pakai program monetize apapun akan laris manis. Tapi tentunya ini juga dibutuhkan kepiawaian dan kehati-hatian pemilik blog agar iklan, paid review, referral, dan program monetize lainnya jangan sampai malah membuat pengunjung merasa di manfaatkan. Kalau begini caranya biarpun konten bagus lama-kelamaan mereka “ogah” datang lagi karena merasa di manfaatkan. Masih banyak kok blog lain yang kontennya bagus,… [ begitu mungkin isi hati mereka ].

Kesimpulan dari tulisan saya ini adalah konten, promosi blog dan pengunjuing sangat berkaitan erat untuk monetizing blog. Kalau dibuat skala prioritas urutannya adalah: 1. Konten 2. Promosi Blog 3. Pengunjung 4. Monetize.”

7. Yoki Dhinata (Pemilik Dhinata.com):

“Mmmmhh… wah saya merasa kurang kompeten nih untuk menjawab pertanyaan ini. Tapi saya coba deh, karena kita sama-sama saling belajar. Sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipelajari. 1. Kita perlu mengetahui seluk beluk blog itu sendiri, minimal kita mengetahui fitur dan cara penggunaan blog engine yang kita pakai. 2. Berlatih untuk menulis konten yang menarik, mudah dipahami, dan original 3. Belajar ilmu SEO. 4. Belajar desain blog.

Tapi kalau diminta memilih yang paling penting saya rasa menulis konten yang menarik dan original adalah langkah awalnya. Alasannya SEO bisa kita optimalkan jika sudah ada artikel diblog kita. Dari laporan statistik blog, kita bisa melihat artikel dan kata kunci apa saja yang perlu ditingkatkan dan dioptimalkan. Ingatkan dengan pilar CTPM?”

8. Yugo Prima Ananda (Pemilik Spirit-Flame.blogspot.com):

Langkah awal monetisasi blog. Karena begitu banyak blogger pemula yang ingin memonetisasi blognya tapi mereka tidak tahu langkah awal apa yang harus dilakukan, bisnis apa yang harus dijalankan pertama kali, dan bagaimana melakukannya.”

9. Sandy Aditya Pradana (Pemilik Sandy-kun.blogspot.com):

“Menurut saya hal terpenting untuk dipelajari adalah cara promosi blog dan juga cara untuk mendapatkan trafik. Mengapa? Karena pada dasarnya trafik adalah hal yang paling dibutuhkan dalam making money from blogging. Traffic is money. Gak ada trafik, sama dengan gak ada yang ngeliat koran yang kita jajakan. Gak ada yang mau beli korannya.”


SEO (Search Engine Optimization) nampaknya masih dianggap sebagai topik terpenting jika ingin belajar make money from blogging.

Topik penting lain yang nampaknya juga banyak dibutuhkan adalah mengenai bagaimana memulai make money from blogging, bagaimana menarik pengunjung ke blog kita dan bagaimana menulis konten yang bagus dan memberi manfaat bagi pembaca blog kita.

Beberapa topik, kebetulan, sempat saya tulis di blog ini. Jika Anda memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya membuka-buka kembali arsip-arsip lama artikel di blog ini. Beberapa topik lain yang belum ter-cover, semoga nanti bisa saya hadirkan di blog ini.

Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam “Blogguebo and Friends’ Project: 3” ini, karena lewat jawaban-jawaban Anda, setidaknya saya semakin tahu topik apa yang paling dibutuhkan untuk make money from blogging.

Bagaimana dengan Anda?

Apa topik terpenting yang ingin Anda pelajari untuk make money from blogging?

Senang sekali jika Anda juga mau berbagi disini.

Saya tunggu komentarnya.

Image credit: Udemy.com

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!