Apakah Menghasilkan Uang Dari Blog Itu Gampang?

“Mas Medhy, program apa yang menghasilkan uang paling gampang dan cepat?”

“Diantara Google Adsense, Chitika, Amazon, mana ya Mas yang lebih mudah menghasilkan uang?”

Terus terang saya selalu miris ketika menemui mindset menyesatkan yang menganggap menghasilkan uang dari blog itu gampang.

Tinggal bikin blog, isi konten (baik asli maupun hasil copy-paste), pasang iklan disana-sini dan selesai.

Uang pasti di tangan.

Tapi benarkah demikian?

Mohon maaf, sayangnya menghasilkan uang dari blog tidak semudah itu. Make money from blogging tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Benar, Anda mungkin tetap bisa menghasilkan uang lewat blog dengan copy-paste atau scraping artikel dan black-hat SEO.

Benar, Anda tetap bisa menyebut diri Anda “$10.000 Blogger” dengan teknik-teknik ilegal. Namun saya pribadi yakin, pada suatu saat, pada suatu titik, pembaca blog Anda akan jengah untuk mengunjungi blog Anda lagi karena tidak ada manfaat yang bisa didapatkannya.

Hemat saya, cara berpikir menyesatkan yang menganggap bahwa menghasilkan uang lewat blog itu gampang (karena tinggal tempel-tempel iklan) tidak akan pernah berhasil setidaknya karena dua hal.

Pertama, karena ketika Anda sekedar menjejali blog dengan iklan dimana-mana, tanpa sadar sebenarnya Anda tengah menghancurkan reputasi blog Anda sendiri.

Pembaca blog Anda pada akhirnya pasti tahu bahwa sebenarnya Anda hanya sekedar ingin menghasilkan uang dengan cepat melalui blog Anda. Akibatnya, pembaca blog Anda pun akan dengan segera merasa malas untuk mengunjungi blog Anda lagi.

Kedua, ketika Anda menjejali blog dengan iklan dimana-mana dan berpikir bahwa begitulah caranya menghasilkan uang lewat blog, dengan segera Anda akan menemui kekecewaan karena uang yang Anda impikan justru tidak ada di tangan.

Barangkali pada awalnya Anda memang menghasilkan uang. Namun itu tidak akan lama.

Karena memang, bukan demikian cara yang benar untuk menghasilkan uang melalui blog.

Meskipun demikian, menghasilkan uang lewat blog juga bukan berarti sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Sudah banyak bukti blogger-blogger yang menghasilkan uang dalam jumlah luar biasa melalui blog mereka. Yang membedakan mereka adalah mindset yang benar tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog dengan benar?

Alih-alih sibuk memikirkan program monetisasi apa yang paling gampang dan cepat menghasilkan uang, akan lebih baik apabila Anda sibuk memikirkan bagaimana Anda bisa memberikan manfaat terbesar bagi pembaca blog Anda.

Buatlah blog Anda benar-benar memberi manfaat dan dibutuhkan oleh pembaca blog Anda. Buatlah blog Anda menjadi blog rujukan. Jadilah authority blogger untuk niche yang Anda pilih.

Ya, blog dengan niche dan konten yang baguslah yang pada akhirnya akan menghasilkan pundi-pundi uang terbesar ke kantong Anda.

Bukan soal pilihan program monetisasi.

Apakah menghasilkan uang dari blog itu gampang? Click to Tweet

Sekedar catatan, bahkan 10 blog terpopuler (menurut Technorati) dengan penghasilan luar biasa adalah blog-blog dengan niche unik masing-masing dan tentu bukan sekedar blog copy-paste kode iklan.

Jika ada waktu, tidak ada ruginya menengok dan mempelajari ke-10 blog terpopuler dibawah ini:

1. Huffington Post (Umum dan Politik)
2. TechCrunch (Berita Startup)
3. Gizmodo (Gadget)
4. Engadget (Gadget)
5. BoingBoing (Umum dan Berita-Berita Ganjil)
6. LifeHacker (Produktivitas)
7. Ars Technica (Berita Teknologi)
8. ICanHasCheezburger (Foto-Foto Kucing Lucu)
9. ReadWrite (Berita Web dan Trend)
10. Mashable (Berita Social Networking)

Jika kita tilik lebih seksama, akan jelas terlihat bahwa nyaris seluruh blog diatas memiliki konten yang unik dan luar biasa bermanfaat.

“Content is king.”

Kesepuluh blog terpopuler ini menghasilkan uang dalam jumlah luar biasa karena terlebih dahulu memberikan manfaat terbesar untuk para pembacanya.

Bukan yang sebaliknya.

Lalu sulitkah untuk menjadi authority blogger?

Ya, sulit.

Karena itulah tidak semua blogger mampu menghasilkan uang (dalam jumlah luar biasa). Seorang Darren Rowse (pemilik ProBlogger.net) harus mati-matian mengatur waktu mengelola blognya selama beberapa tahun pertama di sela-sela 3 jenis pekerjaan part-time yang kala itu masih harus dijalaninya.

Seorang Michael Arrington (pemilik TechCrunch.com) harus begadang hingga jam 4 pagi nyaris setiap hari hanya untuk mendapatkan berita-berita eksklusif teknologi terbaru yang belum diposting di blog lain.

Seorang Yaro Starak (pemilik EntrepreneursJourney.com) harus mengorbankan kuliahnya karena lebih asyik dengan aktivitas blogging dan fokus memberikan konten terbaik bagi pembaca blognya.

Menghasilkan uang dari blog sungguh tidak mudah.

Berat malah.

Namun jika Anda telah memiliki mindset yang benar bahwa diperlukan usaha yang keras untuk menghasilkan uang lewat blog (ulet, sabar, tabah dan persisten untuk mencapainya), maka menghasilkan uang dari blog niscaya benar-benar bukanlah sesuatu yang mustahil.

Kuncinya: berikanlah manfaat terbesar untuk pembaca blog Anda terlebih dahulu.

Buat blog Anda kredibel dan menjadi otoritas di dalam niche yang Anda pilih, dan baru kemudian lakukanlah monetisasi apapun seperti yang Anda inginkan.

Bagaimana menurut Anda?

Image credit: PlushMarketingAgency.com

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!