Call to Action: Kunci Rahasia Mengajak Pembaca Blog Untuk Bertindak

Apa itu call to action?

Dalam dunia copywriting, call to action adalah sebuah kalimat yang bertujuan untuk mengajak atau meminta seseorang untuk berbuat sesuatu. Dalam dunia internet marketing, jamaknya, call to action adalah ajakan untuk membeli sesuatu.

Anda pasti sering menemukan kalimat ajakan atau tombol “Buy Now!” di dunia internet.

Meskipun demikian, bukan berarti kalimat call to action melulu berupa ajakan untuk membeli sesuatu. Kalimat call to action sebenarnya juga bisa berupa kalimat ajakan yang lain, misalnya untuk men-download sesuatu, mengunjungi situs tertentu, mengklik link tertentu, melihat video tertentu, memberikan komentar, men-subscribe layanan tertentu, atau bahkan memberikan donasi.

Kenapa call to action penting?

Karena faktanya para pengunjung blog Anda memiliki begitu banyak hal lain yang harus dikerjakan dengan waktu yang sangat terbatas.

Mereka tidak punya cukup banyak waktu untuk mempelajari penawaran Anda. Andalah yang harus menuntun mereka untuk bertindak. Dengan memberikan kalimat ajakan call to action, pengunjung blog Anda akan lebih mudah untuk mengambil keputusan apa yang harus dilakukannya.

Nah, jika Anda ingin mencoba menerapkan trik call to action di blog Anda, berikut adalah beberapa tips sederhana yang barangkali bisa Anda coba:

1. Tentukan Tujuan Kalimat Call to Action Anda

Setiap kali menulis sebuah artikel, cobalah mengambil jeda sejenak dan temukanlah tujuan Anda menulis artikel tersebut. Apakah Anda ingin pembaca blog Anda memberikan komentar? Apakah Anda ingin mereka mengklik link tertentu di blog Anda? Apakah Anda ingin mereka membeli sebuah produk di blog Anda? Ataukah Anda ingin agar pembaca blog Anda berlangganan RSS Feed blog Anda?

Tentukanlah.

2. Tulislah Kalimat Call to Action Sesuai Tujuan Anda

Berdasarkan tujuan yang telah Anda tetapkan, mulailah menulis kalimat call to action untuk artikel Anda. Misal, jika Anda ingin pengunjung blog Anda memberikan komentar, tidak ada salahnya secara langsung meminta mereka berkomentar dengan membuat kalimat call to action:

“Saya tunggu komentar brilian Anda.”

Inilah kunci rahasia mengajak pembaca blog Anda untuk bertindak. Click to Tweet

3. Berikan Batas Waktu

Dalam beberapa kasus, memberikan batasan waktu dalam kalimat call to action yang Anda tulis terbukti memberikan hasil yang lebih optimal. Misal: jika Anda ingin pengunjung blog Anda membeli produk yang Anda promosikan, tidak ada salahnya menulis kalimat call to action:

“Klik disini sekarang sebelum harga produk ini naik 3x lipat.”

4. Tulislah Minimal 2 Call to Action

Jika selama ini Anda belum terlalu peduli dengan pentingnya call to action, tidak menjadi soal. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal dengan trik article marketing ini, mulailah untuk selalu menulis artikel dengan mencantukan minimal 2 kalimat call to action di bagian awal dan akhir setiap artikel.

Jika memang perlu, Anda bisa menuliskan hingga 3 kalimat call to action.

5. Manfaatkan Kalimat Call to Action Dengan Bijak

Meskipun bertujuan positif, namun jika Anda menggunakan kalimat call to action secara salah, bisa-bisa Anda malah melukai hati pengunjung blog Anda. Manfaatkanlah kalimat call to action dengan bijak. Jangan semata-mata demi uang, Anda memenuhi blog Anda dengan kalimat call to action untuk membeli sesuatu.

Sebaliknya, cobalah memberikan sesuatu yang bernilai untuk pengunjung blog Anda melalui kalimat call to action yang Anda buat.


Jadi, salah satu rahasia jika Anda ingin agar pengunjung blog Anda membaca artikel Anda yang lain, memberikan komentar, berlangganan RSS blog Anda, menjadi anggota komunitas blog Anda atau mengklik link affiliasi Anda adalah:

MINTALAH MEREKA UNTUK MELAKUKANNYA!

Tulislah kalimat call to action untuk mereka.

Jika Anda jeli, hampir semua artikel di Blogguebo.com selalu saya tutup dengan kalimat call to action.

Klik disini untuk melihat contohnya! (nah, satu lagi contoh call to action)

Semoga bermanfaat.

Image credit: WordSalad.com.au

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!