Kunci Copywriting Untuk Blog Anda

Apa itu copywriting?

Merujuk Wikipedia, berikut adalah kutipannya:

Copywriting is the use of words to promote a person, business, opinion, or idea. Copywriting can appear in direct mail pieces, taglines, jingle lyrics, web page content (although if the purpose is not ultimately promotional), online ads, e-mail and other Internet content, television or radio commercial scripts, press releases, catalogs, billboards, brochures, postcards, sales letters, and other marketing communications media. On websites, copywriting may also refer to content writing for the purpose of achieving higher rankings in search engines. This practice includes the strategic placement and repetition of keywords on webpages.

Terjemahannya barangkali seperti ini:

Copywriting adalah penggunaan kata-kata untuk mempromosikan orang, bisnis, pandangan atau ide. Copywriting bisa digunakan dalam direct-mail, judul, lirik lagu jingle, konten web (meskipun tujuannya bukan untuk promosi), iklan online, email dan konten online lainnya, skrip iklan televisi atau radio, siaran press, katalog, papan reklame, brosur, postcard, surat penjualan dan media komunikasi pemasaran lainnya. Di dalam website, copywriting juga bisa merujuk kepada penulisan konten dengan tujuan untuk mendapatkan posisi ranking tinggi di mesin pencari. Praktek ini mencakup juga teknik penempatan dan pengulangan keyword di dalam halaman sebuah website).

Lalu pentingkah copywriting untuk blog Anda?

Ya, saya tahu, Anda pasti masih belum menganggapnya terlalu penting.

Apa sih copywriting itu?

Ah, nggak penting-penting banget. Yang penting kan bagaimana dapat uang dari blog.

Titik.

Nggak papa.

Mau tahu kunci copywriting untuk blog Anda? Click to Tweet

Beberapa tahun yang lalu saya juga masih punya pikiran seperti, itu sampai saya tersadar bahwa kemampuan menulis untuk menggerakkan orang lain agar melakukan suatu tindakan (apapun itu) sangatlah penting dalam dunia bisnis online, termasuk untuk blog.

Gampangnya, dengan memahami teknik-teknik menulis sesuai prinsip-prinsip copywriting, kita bisa membuat pengunjung blog kita bersetuju dengan kita, berlangganan artikel atau newsletter blog kita, menautkan link ke blog kita, atau bahkan membeli produk yang kita rekomendasikan kepada mereka.

Saya mulai serius menerapkan teknik-teknik menulis dengan prinsip-prinsip copywriting di blog ini sejak tahun 2010. Sebelumnya saya hanya tahu aplikasi copywriting sebatas untuk sales letter dan sejenisnya. Hasil belajar copywriting yang saya lakukan memberi perbedaan yang luar biasa.

Data dari Google Analytic blog ini membuktikan bahwa artikel yang saya tulis dengan judul-judul berdasarkan teknik copywriting mendapatkan jumlah pengunjung jauh melebihi artikel dengan judul “biasa-biasa” saja.

Artinya, teknik copywriting benar-benar perlu dikuasai oleh seorang blogger jika ia serius ingin menekuni dunia blogging dan make money from blogging.

Jika Anda setuju dengan saya, tidak ada salahnya untuk memulai sekarang juga untuk belajar menulis dengan teknik-teknik copywriting.

Toh, tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan?

Untuk memulai, saya merekomendasikan 10 rujukan blog untuk belajar copywriting dibawah ini. Sayangnya kesemuanya masih berbahasa Inggris. Tapi cukup mudah dipahami kok.

Atau kalau tidak, kenapa tidak menyiapkan kamus juga sembari membaca? Sambil belajar copywriting, bisa belajar bahasa Inggris juga:

1. CopyBlogger.com
2. Copywriting.com
3. CopyHackers.com
4. BusinessCasualCopywriting.com
5. MenWithPens.ca
6. GoinsWriter.com
7. MarketingWords.com
8. CopywritersCrucible.com
9. WriteToDone.com
10. ContentMarketingInstitute.com

Itu saja.

Selamat belajar copywriting.

Semoga bermanfaat.

Image credit: FirstSiteGuide.com

4 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!