“Mulailah Membangun Email List Untuk Blog Anda” (Wawancara Eksklusif Agung Hari Prabowo)

Nama Agung Hari Prabowo layak disebut sebagai salah satu internet marketer terkemuka di Indonesia. Mas Agung dikenal sebagai salah satu pionir model bisnis online berbasis “digital product creation” dan “email list building” yang saat ini sedang marak dibicarakan.

Dalam kesempatan seri wawancara eksklusif kali ini, alhamdulillah, saya berhasil mewawancarai Mas Agung Hari Prabowo. Topik wawancara kali ini adalah tentang pentingnya membangun email list di dunia blogging.

Jika Anda ingin tahu apa itu “email list building” dan bagaimana cara memanfaatkan email list untuk meningkatkan penghasilan dari blog Anda, silahkan langsung disimak hasil wawancara eksklusif kali ini.


Medhy: Boleh diceritakan secara ringkas, awal mula Mas Agung masuk ke dunia internet marketing? Apakah dari awal langsung fokus di “digital product creation” dan “email list building“? Atau sempat mencoba yang lain?

Agung Hari Prabowo: Sebenernya dan lebih tepatnya karena kecelakaan. Dulu ketika awal-awal terjun di dunia bisnis online, gue banyak mempelajari model bisnis online. Salah satunya Google Adsense. Sayang sekali waktu itu terkendala dengan skill “SEO” yang minim dan tidak adanya guru yang tepat.

Akhirnya saya googling di internet tentang model bisnis online lainnya. Akhirnya saya ketemu salah satu produk buatan Ewen Chia. Autopilot Profits, kalo gak salah judulnya dan dia mengajarkan soal affiliate marketing dan memang sejak saat itu saya merasa inilah model bisnis yang tepat. Tapi dari produk si Ewen ini gue tertarik dengan video terakhir dia. Kurang lebih intinya seperti ini: “Sekarang buat apa cari produk lagi, promosikan saja produk ini.” Saat itu saya mikir main affiliate aja enak, apalagi jadi product creator?

Habis itu saya memberanikan diri untuk membuat produk sendiri. Kalo soal email list building itu saya pelajari setelah saya mempunyai produk sendiri karena saya sadar the best customer adalah customer yang membeli kembali. Apalagi jika kita aktif dalam membuat produk.

Medhy: Dari mana Mas Agung belajar tentang “digital product creation” dan “email list bulding“? Apakah dengan mengikuti seminar, membeli produk atau belajar secara otodidak?

Agung Hari Prabowo: Seminar saya pernah, tapi lebih banyak beli-beli ebook dan video tutorial dari internet, terutama yang bertema “make money online“. Hard disk saya sampe penuh tuh, hahaha.

Tapi diantara banyak produk yang saya beli, saya menyukai beberapa saja dan itu yang saya jadikan panduan sampe sekarang. Dan dari situ saya mengembangkan ilmu yang udah ada dengan menambah inovasi-inovasi baru dan sampe sekarang pun saya masih suka beli-beli karena biasanya akan saya apply dengan ilmu yang udah ada. Jadi biar lebih mak nyos. Hehehe.

Medhy: Boleh tahu awal-awal perjalanan Mas Agung menekuni dunia internet marketing, terutama tantangannya?

Agung Hari Prabowo: Tantangannya gak saya perhitungkan karena saya enjoy aja ngejalaninnya. Karena kalau fokus di earning (penghasilan) malah bikin stress. Lebih baik fokus di skill aja.

Medhy: Jika berkenan, boleh tahu berapa kisaran penghasilan Mas Agung dari “digital product creation” dan “email list building” saat ini?

Agung Hari Prabowo: Cukup untuk hidup tenang di desa tanpa kurang suatu apapun. 🙂

Medhy: Mas Agung dikenal sebagai salah satu internet marketer Indonesia yang banyak bermain di pasar internasional. Boleh tahu produk-produk yang Mas Agung pasarkan untuk pangsa internasional?

Agung Hari Prabowo: Ada beberapa yang masih aktif sampe sekarang. Beberapa diantaranya saya memakai pen name (nama samaran), terutama untuk produk yang niche, dan saya cenderung tipikal product creator yang set and forget, dalam artian saya hanya fokus pada strategi awal launch saja. Sehabis itu affiliate yang bekerja dan untuk support after sales biasanya saya outsource ke orang. Kecuali jika terlalu technical, saya yang jawab secara pribadi. Produk-produk saya ada yang niche, tapi juga ada WordPress themes dan graphic. Khusus untuk 2 yang terakhir ini saya menggunakan nama asli, bukan pen name.

Medhy: Di pasar Indonesia, selain Terminal Marketing, produk apa yang saat ini masih Mas Agung pasarkan?

Agung Hari Prabowo: Saat ini hanya TM. Itu pun sudah sold out. Saya juga mengadakan workshop, tapi gak terlalu sering. Malah jarang sekali. Terakhir workshop saya bersama Bro Heri Rosyadi, legenda email list building Indonesia.

Medhy: Menurut Mas Agung, bagaimana potensi dan prospek model bisnis “digital product creation” dan “email list building” di Indonesia?

Agung Hari Prabowo: Digital product creation salah satu bisnis yang gak pernah mati dan saturated (jenuh). Tentu saja prospeknya bagus sekali untuk ke depannya karena kita gak perlu bergantung pada affiliate network yang sewaktu-waktu bisa nge-banned kita.

Ini tentang bagaimana menciptakan bisnis sendiri dan bos kita hanyalah buyer yang membeli. Sedangkan email list building ini sama kaya MLM dalam internet marketing. Loh kok gitu? Iya, kalo di MLM fokus pada jaringan, sedangkan di email list building fokus pada membesarkan list. Kalau kita punya email list besar kayak punya mesin ATM sendiri. Kalau butuh duit tinggal “BLAST” aja. Ini juga yang bikin saya dan beberapa temen IM lainnya hidup dalam “comfort zone“. 🙂

Medhy: Untuk dunia blogging, apa yang harus dilakukan seorang blogger jika ingin me-leverage penghasilan lewat “digital product creation” dan “email list building” dengan memanfaatkan blognya?

Agung Hari Prabowo: Pertama-tama, ya harus buat produk sendiri dan sewa autoresponder untuk menangkap email list. Menangkap list melalui blog juga bisa loh, dan sayang sekali kalau blog trafficnya sudah tinggi nggak dilengkapin sama autoresponder. Dari email list ini kita bisa kirimkan artikel atau penawaran-penawaran baru yang ada di blog. Beberapa temen blogger saya melakukan hal ini.

Mulailah membangun email list untuk blog Anda - Agung Hari Prabowo. Click to Tweet

Medhy: Boleh tahu proyek apa yang sedang Mas Agung kerjakan atau rencanakan sekarang?

Agung Hari Probowo: Sedang mempersiapkan launch produk dan ada beberapa project long term kedepannya dengan partner saya di IM Buzz Tool dan Freak Labz.

Medhy: Terakhir, apa saran Mas Agung bagi mereka (terutama para blogger) yang ingin mengikuti jejak Mas Agung untuk menekuni model bisinis “digital product creation” dan “email list building” ini?

Agung Hari Probowo: Yang pertama kali buatlah produk yang original dan start branding karena inti digital product creation itu adalah branding. Buatlah produk yang berkualitas dan unik.

Digital product itu gak cuma melulu ebook tentang “how to make money online“. Bisa juga software, themes, graphic, etc. Tergantung branding-nya dimana.

Kalo soal email list building, beranilah untuk investasi autoresponder, terutama autoresponder yang berkualitas. Jangan yang murah tapi sering masuk spam. Dengan kita menyewa autoresponder yang berkualitas itu akan lebih menunjukkan kualitas kita dimata para subscribers. Jadi, mulailah membangun email list untuk blog Anda.

Gitu aja ya interview-nya Mas Medhy. Gak biasa nulis soalnya. 🙂


Pesan yang disampaikan Mas Agung sangat jelas: “Mulailah membangun email list untuk blog Anda“.

Semoga bermanfaat.

Image credit: Udemy.com

2 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!