“Pastikan Anda Menulis Konten Berkualitas dan SEO-Friendly” (Wawancara Eksklusif Neil Patel)

SEO atau search engine optimization adalah salah satu aspek penting di dunia online, termasuk blogging. Jika Anda menguasai dan piawai melakuan optimasi SEO untuk blog Anda, hampir bisa dipastikan blog Anda akan dibanjiri pengunjung.

Sebaliknya, jika tidak, maka nyaris mustahil untuk memimpikan sukses di dunia blogging.

Salah satu tokoh SEO dunia yang sudah diakui namanya adalah Neil Patel. Neil Patel adalah blogger pemilik blog QuickSprout.com, konsultan SEO kelas wahid dan sekaligus pendiri dua perusahaan analytic sofware bernama CrazyEgg dan KISSMetrics.

Beberapa situs terkemuka yang optimasi SEO-nya dibantu oleh Neil Patel diantaranya adalah eBay, Dell dan Zappos. Sementara beberapa blog kelas dunia yang dibantunya diantaranya adalah TechCrunch dan ICanHasCheezBurger.

Pengakuan tinggi terhadap Neil Patel sebagai master SEO juga diberikan oleh media Wall Street Journal yang menyebutnya sebagai “the top influencer on the web“. Konon kabarnya, untuk 1 jam masa konsultasi saja, Neil Patel memiliki tarif konsultasi $5000!

Dalam kesempatan seri wawancara eksklusif kali ini, alhamdulillah, saya berkesempatan mewawancarai Neil Patel melalui email. Topik wawancara eksklusif kali ini adalah tentang blogging dan SEO. Seperti wawancara eksklusif sebelumnya yang saya lakukan bersama Darren Rowse, saya berharap semoga wawancara bersama Neil Patel kali ini juga bisa memberikan inspirasi bagi Anda untuk lebih bersemangat dalam menekuni aktivitas blogging.


Medhy: Blogging is now becoming popular as a tool for making money online. For this reason, do you think SEO is crucial for blogger to get traffic?
(Blogging saat ini telah sangat populer sebagai salah satu alat untuk menghasilkan uang secara online. Berkaitan dengan hal ini, apakah menurut Anda SEO sangat penting bagi blogger untuk mendapatkan pengunjung?)

Neil Patel: It is very crucial. Google is the most popular website on the Internet and if you aren’t leveraging it, you are losing out on a lot of money. If you optimize your blog for search engines, you can easily get 50% of your traffic from Google.
(Sangat penting. Google adalah situs yang paling populer di internet dan jika Anda tidak memanfaatkannya, Anda kehilangan banyak uang disana. Jika Anda mengoptimasi blog Anda untuk mesin pencari, Anda bisa dengan mudah mendapatkan 50% pengunjung blog Anda dari Google.)

Pastikan Anda Menulis Konten Berkualitas dan SEO-Friendly (Wawancara Eksklusif Neil Patel) Click to Tweet

Medhy: What kind of skills that blogger should learn on SEO for blog?
(Apa saja kemampuan yang harus dipelajari seorang blogger untuk menguasai SEO untuk blog?)

Neil Patel: From creating sexy headlines that are keyword rich to having clean URLs. There are ton of aspects that bloggers should be familiar with. But the easy route to go is to just use the SEO WordPress plugin by Yoast.
(Mulai dari kemampuan membuat judul artikel yang seksi dan memuat kata kunci sampai membuat URL yang bersih. Ada banyak aspek yang harus dipelajari oleh seorang blogger. Tetapi jalan terpendek adalah cukup dengan menggunakan plugin SEO WordPress yang dibuat oleh Yoast.)

Medhy: What is the impact of Google Panda and Penguin (new Google algorithm) for SEO?
(Apa dampak Google Panda dan Penguin (algoritma Google yang baru) terhadap SEO?)

Neil Patel: The Panda and Penguin updates has removed a ton of junk results from the index. It didn’t impact most of the search listings out there, but it affected a lot of the user generated content sites that didn’t have a ton of high quality content.
(Update Google Panda dan Penguin telah menghilangkan banyak sekali hasil pencarian situs berkualitas sampah dari indeks Google. Google Panda and Penguin tidak berpengaruh terhadap mayoritas hasil pencarian, tetapi Google Panda dan Penguin mempengaruhi banyak situs “user generated content” atau situs dimana kontennya dibuat oleh para penggunanya dan tidak memiliki konten berkualitas tinggi.)

Medhy: Can we do SEO by ourselves or we should ask for SEO expert helps?
(Bisakah kita melakukan SEO sendiri atau kita harus meminta bantuan ahli SEO?)

Neil Patel: You can do it yourself. You don’t have to hire an SEO expert, although it helps. I recommend that you do things yourself until you are making at least $10.000 in monthly revenue as SEOs can be expensive.
(Anda bisa melakukannya sendiri. Anda tidak perlu menyewa tenaga ahli SEO, meskipun hal itu tentu akan membantu. Saya merekomendasikan agar Anda melakukannya sendiri sampai Anda bisa memiliki penghasilan setidaknya $10.000 per bulan, karena SEO bisa sangat mahal.)

Medhy: Besides CrazyEgg and KISSMetrics, I notice that you’ve launched The QuickSprout Traffic System. Could you tell us what is actually The QuickSprout Traffic System?
(Selain CrazyEgg dan KISSMetrics, saya tahu Anda baru saja meluncurkan The QuickSprout Traffic System. Bisakah Anda ceritakan kepada kami apa sebenarnya The QuickSprout Traffic System ini?)

Neil Patel: The QuickSprout Traffic System is a set of guides, videos, and audios files that teaches people how to do online marketing right. From SEO to social media, it breaks down every aspect of Internet Marketing and it teaches you the secrets that the big brands are using and how you can apply them to your blog, websites or business without spending a dime.
(The QuickSprout Traffic System adalah satu set file panduan, video dan audio yang mengajarkan orang bagaimana melakukan marketing online dengan benar. Dari SEO hingga social media, panduan ini akan menjelaskan setiap aspek Internet Marketing dan mengajarkan kepada Anda rahasia yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan bagaimana Anda bisa menerapkannya untuk blog, situs atau bisnis Anda tanpa perlu harus kehilangan banyak uang.)

Medhy: How did you finally come up with this product? Is it for blogger? Or any online publisher?
(Bagaimana Anda bisa menciptakan produk ini? Apakah produk ini untuk para blogger? Atau semua pemasar online?)

Neil Patel: I came up with the product from years of working in the Internet Marketing field. It’s all of my knowledge and secrets in 1 place. It’s for anyone with a website.
(Saya menciptakan produk ini berdasarkan pengalaman bertahun-tahun yang saya miliki di dunia Internet Marketing. Produk ini adalah semua pengetahuan dan rahasia saya menjadi satu. Produk ini untuk siapapun yang memiliki situs.)

Medhy: From your own experience, which one is more important: SEO or SMO (Social Media Optimization)?
(Dari pengalaman Anda, mana yang lebih penting: SEO atau SMO?)

Neil Patel: They both are … and it is too hard to pick one. These days you can’t do one or the other, you have to do both to succeed online.
(Keduanya penting … dan sangat sulit untuk hanya memilih salah satunya. Saat ini Anda tidak bisa lagi hanya melakukan salah satunya, Anda harus melakukan kedua-duanya untuk bisa sukses di dunia online.)

Medhy: What is your advice for bloggers who want to start their SEO’d blog?
(Apa saran Anda kepada para blogger yang ingin memulai blog ter-SEO mereka?)

Neil Patel: Make sure you write good content and you have SEO friendly articles. Use a plugin to make things easier, like the one by Yoast and focus on providing tons of value with your content. Good content creates more links, more social shares, which causes you to get more traffic.
(Pastikan Anda menulis konten yang bagus dan SEO-friendly. Gunakan plugin untuk memudahkan semuanya, seperti yang dibuat oleh Yoast dan fokuslah untuk memberikan nilai sebanyak mungkin dengan konten Anda. Konten yang bagus menciptakan lebih banyak link, lebih banyak share social media, yang akhirnya memberikan lebih banyak pengunjung ke blog Anda.)

Medhy: Do you have any future project that you want to share with us in Indonesia?
(Pertanyaan terakhir: Apakah Anda memiliki proyek di masa depan yang ingin Anda ceritakan kepada kami di Indonesia?)

Neil Patel: I am spending all of my time on KISSMetrics these days and we are launching some cool social features soon that will help bloggers get more traffic. Stay tuned. 🙂
(Saya menghabiskan hampir semua waktu saya saat ini untuk mengembangkan KISSMetrics dan kami sedang meluncurkan sejumlah fitur social media yang keren yang akan membantu para blogger untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Tunggu saja.)

P.S.: Sorry for the short response. I wish I could be more thorough, but it just isn’t possible due to the volume of emails that I receive.
(Maaf untuk jawaban-jawaban pendeknya. Saya berharap bisa menjawab lebih detil lagi, tetapi rasanya tidak mungkin karena ada banyak sekali email yang saya terima.)

Thank you Medhy.
(Terima kasih Medhy.)

Neil Patel
(Professional Web Surfer)


Pastikan Anda menulis konten yang bagus dan SEO-friendly.

Pesan ini jelas dan tegas.

Sekarang tinggal berpulang kepada Anda. Siapkah untuk melakukan apa yang disarankan oleh Neil Patel?

Bagaimana menurut Anda?

Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya dan para pembaca blog ini melalui kolom komentar.

Image credit: QuickSprout.com

48 Comments

Leave a Reply

Ya, saya mau ebook The SuperBlogger Code: Rahasia 5 Pro-Blogger Dunia Menghasilkan Uang via Blog.


DAPATKAN TIPS dan TUTORIAL BLOGGING via email. bonus ebook eksklusif "The Superblogger code." gratis!