Blogguebo Resources - Tools Blogging Yang Saya Pakai

Selamat datang di halaman Rekomendasi Blogguebo!

Di halaman ini Anda akan menemukan tools blogging yang saya rekomendasikan untuk memulai aktivitas blogging. Saya pribadi telah menggunakan semua tools blogging di halaman ini. Bagi saya, tools blogging ini sangat menentukan keberhasilan saya di dunia blogging dan make money from blogging.

Inilah tools blogging yang saya pergunakan:

1. WordPress

WordPress

WordPress adalah platform blogging paling populer saat ini. Saya menggunakan self-hosting WordPress.org, yang artinya saya menggunakan layanan hosting berbayar di luar WordPress (saya menggunakan SiteGround). Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan self-hosting WordPress ketimbang WordPress gratis (WordPress.com) jika Anda benar-benar serius ingin menekuni aktivitas blogging.

Keuntungan menggunakan WordPress.org:

  • Anda bisa menggunakan nama domain Anda sendiri (bukan “namadomain.wordpress.com” atau “namadomain.blogspot.com“). Artinya, blog Anda menjadi lebih profesional.
  • Anda bisa mengatur tampilan desain blog Anda sendiri, bahkan dengan memanfaatkan ribuan plugin yang hanya tersedia untuk pengguna WordPress.org.
  • Anda bisa memiliki alamat email dengan ekstensi alamat domain blog Anda sendiri (misalnya “namaAnda@namablogAnda“).
  • Anda bisa menampilkan (atau tidak menampilkan) iklan di blog Anda (jika Anda memakai WordPress.com, maka akan muncul iklan default yang tidak bisa Anda hilangkan).

COBA WORDPRESS SEKARANG

 

2. GoDaddy

GoDaddy

Untuk nama domain saya menggunakan layanan penyedia domain GoDaddy. Harus diakui, GoDaddy adalah salah satu pemain senior di bidang ini. GoDaddy sendiri sebenarnya bukan sekedar layanan penyedia domain. Banyak layanan lain yang juga disediakan seperti hosting, ecommerce dan lain-lain. Namun, jika Anda ingin membeli domain, GoDaddy adalah pilihan tepat.

Keuntungan menggunakan GoDaddy:

  • Anda akan mendapatkan domain dengan harga relatif murah (mulai dari $0.99).
  • Anda memiliki kontrol penuh terhadap nama domain Anda (locking domain, forwarding domain, masking domain).
  • Anda juga memiliki kontrol penuh terhadap Domain Name Server (DNS) blog Anda.
  • Anda bisa memperpanjang domain dari GoDaddy secara otomatis. Dengan fitur domain auto renewal, Anda tidak perlu khawatir lupa memperpanjang nama domain blog Anda.

COBA GODADDY SEKARANG

 

3. DewaWebDewaWeb

DewaWeb adalah penyedia hosting yang saya pakai untuk blog-blog berbahasa Indonesia. DewaWeb adalah penyedia hosting lokal dengan customer service yang menurut saya sangat bagus, dan ini penting jika Anda benar-benar serius ingin menekuni aktivitas blogging. Saya tidak pernah menemui masalah selama menggunakan DewaWeb dan sampai hari ini saya sangat puas dengan layanan DewaWeb.

Keuntungan menggunakan hosting DewaWeb:

  • Anda mendapatkan layanan hosting lokal unlimited bandwith dengan cloud powered dan WordPress supported (bagi Anda yang ingin menggunakan platform WordPress.org).
  • Anda tidak perlu khawatir dengan masalah server downtime (hosting mati). Dengan jaminan 24/7, blog Anda dipastikan akan terus live (stable uptime) dengan hosting dari DewaWeb.
  • Anda bisa memilih sendiri 4 pilihan paket hosting sesuai kebutuhan Anda: Scout (Rp.15.000/bulan), Hunter (Rp.30.000/bulan), Warrior (Rp.75.000/bulan), Guardian (Rp.120.000/bulan).
  • Anda akan mendapatkan domain gratis seumur hidup (sesuai keinginan Anda) dan alamat email gatis (sesuai nama domain Anda)
  • Anda mendapatkan layanan hosting transfer/migrasi GRATIS dengan proses cepat dan selesai dalam 1 x 24 jam (jika Anda ingin pindah dari hosting lain ke DewaWeb).
  • Pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran: transfer bank, credit card atau internet banking dan iPayMu.
  • Anda akan mendapatkan layanan customer service 24/7 yang SUPER responsif melalui email, online chatting atau telepon.
  • Anda otomatis bisa menjadi reseller atau affiliate untuk mempromosikan layanan hosting DewaWeb kepada pengunjung blog Anda, dengan komisi 20% untuk setiap penjualan paket hosting dari DewaWeb.

COBA DEWAWEB SEKARANG

 

4. MyThemeShop

MyThemeShop

Blog ini, dan blog-blog saya yang lain, semuanya saya bangun dengan menggunakan theme dari MyThemeShop. Selain variasi theme dan kelebihan SEO-friendly di setiap theme, MyThemeShop juga memiliki customer service yang menurut saya luar biasa. Sebagai orang yang sama sekali tidak tahu programming, saya sangat terbantu dengan customer service mereka. Jika Anda juga gaptek seperti saya, menggunakan theme dari MyThemeShop akan menghilangkan separuh masalah blogging Anda.

Keuntungan menggunakan MyThemeShop:

  • Anda akan mendapatkan themes yang 100% mobile responsif (untuk handphone atau tablet) dan SEO-friendly dengan harga relatif terjangkau.
  • Anda bisa dengan mudah meng-customisasi blog Anda dengan puluhan fitur Options Panel (meskipun tanpa keahlian programming).
  • Anda bisa menampilkan iklan (misalnya Google Adsense) dimanapun sesuai keinginan Anda dengan menggunakan fitur Ad-Management. Tidak perlu bingung lagi dengan coding.
  • Anda akan mendapatkan layanan 24/7 Premium Support dan Forum yang luar biasa membantu jika Anda menemui masalah dengan themes yang Anda beli.

COBA MYTHEMESHOP SEKARANG

 

5. GetResponse

GetResponse

Untuk email autoresponder, saya menggunakan GetResponse. Ada banyak pilihan autoresponder, namun saya memilih GetResponse karena fitur yang customer-friendly (terutama untuk saya yang gaptek) dan, sekali lagi, layanan customer service yang menurut saya paripurna. Anda bisa mencoba versi free trial selama 30 hari gratis.

Keuntungan menggunakan GetResponse:

  • Anda mendapatkan tools list building LENGKAP meliputi email autoresponder, newsletter creator, broadcast creator, landing page creator, form builder, hingga split testing.
  • Anda bisa dengan mudah menggunakan, tanpa harus pusing dengan urusan teknis. GetResponse juga menyediakan video tutorial untuk memudahkan Anda memulai.
  • Anda bisa memilih sendiri 4 paket yang Anda inginkan untuk memulai: Email ($15/bulan), Pro ($49/bulan), Max ($165/bulan), Enterprise ($799/bulan). Anda juga bisa mencoba GetResponse gratis untuk 30 hari pertama.
  • Anda akan mendapatkan layanan customer support 24/7 yang siap membantu Anda jika ada masalah melalui email dan online chatting.

COBA GETRESPONSE SEKARANG

 

6. SpinRewriter

SpinRewriter

Saya memanfaatkan tools article spinning dari SpinRewriter untuk blog-blog saya yang berbahasa Inggris. Kelebihan SpinRewriter menurut saya adalah kemampuannya memberikan pilihan kata sesuai konteks kalimat dalam Bahasa Inggris. Kata yang sama bisa berbeda makna dalam konteks yang berbeda. Dan ini sangat membantu untuk menghasilkan artikel yang natural. Dan yang pasti, selama 3 tahun menggunakan SpinRewriter, saya tidak perlu menyewa penulis sama sekali.

Keuntungan menggunakan SpinWriter:

  • Anda bisa dengan mudah me-“rewrite” artikel dalam bahasa Inggris secara otomatis dengan teknologi semantik yang sangat membantu menghasilkan artikel yang natural.
  • Anda bisa memilih proses rewriting dalam 3 level: kata, kalimat atau paragraf utuh.
  • Anda bisa langsung memposting artikel spinning dari SpinRewriter ke blog WordPress Anda dan bahkan bisa menambahkan video yang relevan dari dashboard SpinRewriter hanya dengan beberapa klik saja.
  • Anda mendapatkan tool article spinning LENGKAP dan layanan 24/7 Customer Support dengan harga relatif murah dibanding yang lain.

COBA SPINREWRITER SEKARANG

 

7. iWriter

iWriter

Untuk menulis artikel-artikel kunci dalam Bahasa Inggris, seperti product reviews, saya tidak menggunakan tools article spinning seperti SpinRewriter, namun saya memanfaatkan layanan iWriter. Dengan iWriter, saya bisa memastikan bahwa artikel yang ditulis benar-benar bagus dan readable bagi mereka yang membaca review di blog saya. Di iWriter saya juga bisa memilih sendiri penulis (native) yang menurut saya mampu menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Keuntungan menggunakan iWriter:

  • Anda akan mendapatkan artikel dalam Bahasa Inggris dengan kualitas sangat tinggi, namun dengan harga relatif terjangkau (mulai dari $3 untuk artikel 500 kata).
  • Anda bisa mendapatkan hasil pesanan artikel Anda dalam waktu relatif singkat. Seringkali hanya dalam hitungan jam, bukan hari.
  • Anda bisa memilih sendiri calon penulis artikel untuk blog Anda dengan melihat hasil review setiap penulis di iWriter.
  • Setiap artikel yang Anda pesan adalah artikel spin-ready format. Artinya Anda bisa langsung me-rewrite artikel dari iWriter menggunakan tool article spinning seperti SpinRewriter. Sangat membantu untuk keperluan content link-building.

COBA IWRITER SEKARANG

 

8. Fiverr

Fiverr

Fiverr adalah marketplace produk dan jasa online dengan harga mulai dari $5 (seperti namanya “fiverr“). Di Fiverr Anda bisa menemukan berbagai macam layanan untuk membangun blog Anda dengan harga miring, seperti logo design, graphic design (misalnya banner, ebook cover), jasa penulisan artikel dalam bahasa Inggris, jasa SEO (backlink), jasa pembuatan desain iklan Facebook, jasa traffic generation, video editing, hingga social media optimization. Saya sendiri banyak mempergunakan layanan Fiverr untuk keperluan logo dan graphic design (logo blog ini dan cover untuk ebook “The SuperBlogger Code” saya pesan dari Fiverr).

Keuntungan menggunakan Fiverr:

  • Anda bisa mendapatkan berbagai macam jasa dan layanan di satu pintu untuk mulai membangun blog Anda (seperti saya sebutkan diatas).
  • Jika Anda memiliki budget yang terbatas, Fiverr adalah tempat yang tepat untuk memulai mendapatkan apa yang Anda butuhkan sebagai seorang blogger.
  • Fiverr memberikan layanan yang relatif cepat. Selama ini masa waktu penyelesaian pesanan yang saya order berkisar antara 1-3 hari.
  • Anda bisa melakukan pembayaran Fiverr dengan berbagai cara mulai dari kartu kredit, PayPal, Skrill, hingga BitCoin.

COBA FIVERR SEKARANG


Itulah beberapa tools blogging yang saya pakai selama menekuni aktivitas blogging. Jika Anda serius ingin menekuni dunia blogging dan make money from blogging, saya sangat merekomendasikan untuk mencoba tools yang saya pakai diatas.

Semoga bermanfaat. Happy blogging!

Image credit: InetSolutions.org

Salam hangat,

Signature Medhy

Medhy Aginta Hidayat, no tech-savvy guy dan pemilik Blogguebo.com.